Dinas Damkar kabupaten Bogor, Kini Miliki Satu Sektor Pemadam Baru Dikawasan Rawan Kebakaran

Cibinong, BogorOnline.com – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor resmikan 1 unit sektor dan Pos Pemadam (Posdam) di wilayah Timur Kabupaten Bogor.

Kepala Dinas Damkar Kabupaten Bogor, Arman Jaya mengatakan, jika pihaknya sangat bahagia dengan bertambahnya 1 unit sektor Pemadam yang terletak di kawasan Kota Wisata, Gunung Putri, dan Posdam di wilayah Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor.

Dengan begitu, kata Arman, Damkar Kabupaten Bogor telah siap siaga 100 persen dalam melakukan giat reaksi cepatnya bila dibutuhkan oleh masyarakat wilayah Bogor Timur khususnya, di saat peristiwa kebakaran terjadi maupun lainnya.

“Alhamdulillah dengan adanya peresmian Posdam di Kecamatan Cariu, dan Sektor Pemadam Gunung Putri, Insha Allah Damkar Kabupaten Bogor siap melayani masyarakat Bogor Timur 1×24 jam dalam menanggulangi peristiwa kebakaran atau lain sebagainya apabila dibutuhkan masyarakat Botim secara umumnya,” ujar Arman Jaya ketika dikantor dinasnya kawasan Jl. Pemda Cibinong, Rabu (31/5/23).

Dia melanjutkan, sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) Damkar sendiri, di kala mendapati laporan masyarakat saat dihubungi waktu 15 menit respone time (waktu) personelnya harus telah sampai dititik dilokasi kejadian.

Maka dari itu, untuk peresmian Posdam Cariu dan sektor Pemadam Kebakaran dikawasan Kota Wisata, Gunung Putri tersebut akan sangat membantu tugas dari anggotanya dikala persitiwa kebakaran terjadi di wilayah Bogor Timur dan sekitarnya.

“Kalau damkar itu kan ada respone timenya 15 menit sampai dititik lokasi usai mendapat laporan dari masyarakat dikala dibutuhkan,” ucap dia.

Karena pada dasarnya, sambung Arman, kawasan Gunung Putri, merupakan wilayah rawan kebakaran. Sangat tak mungkin, jika jajarannya mengandalkan Sektor Pemadam yang telah ada sebelumnya, yang berlokasi di Metland Cileungsi apabila personelnya itu menuju kawasan industri Gunung Putri, dalam mengejar waktu respone time yaitu seperempat jam tersebut.

“Sangat tidak mungkin kan, dari Metland Cileungsi ke Gunung Putri untuk sampai ditujuan dalam waktu 15 menit sesuai aturan dari respone time, maka dari itu kini kita telah meresmikan Sektor Gunung Putri pemadam kebakaran,” akunya.

Arman mengaku, dalam peresmian tempat Sektor Pemadam Gunung Putri itu, merupakan bantuan CSR dari pengembang Kota Wisata kepada Pemkab Bogor khususnya teruntuk bagi personel branwir tersebut.

“Alhamdulillah bangunan dan semua fasilitas penunjang yang ada sektor Gunung Putri itu, mereka (Pengembang Kota Wisata) semua yang menyediakan untuk kita. Saya salut dengan pengelola Kota Wisata, dan saya ucapkan terima kasih banyak atas bantuannya itu,” tegas Arman.

Lebih lanjut ia memaparkan, untuk titik keberadaan sektor Gunung Putri Damkar Kabupaten Bogor yang berada di kawasan Kota Wisata, baginya itu merupakan lokasi strategis dikala peristiwa kebakaran terjadi di wilayah yang rentan akan terjadinya kebakaran tersebut.

“Sangat strategis sekali lokasi sektor Pemadam kita yang baru disana,” akunya.

Senada, Kabid Pemadam Kebakaran pada Dinas Damkar Kabupaten Bogor, Sudianta menambahkan, dirinya menginformasikan kepada masyarakat Bumi Tegar Beriman secara khususnya, jangan takut untuk menghubungi jajarannya itu dikala membutuhkan bantuan dari tim pekerja sosial berseragam biru tersebut.

Dikarenakan, tidak adanya biaya yang diminta seperak pun saat masyarakat membutuhkan bantuan jajarannya untuk berbagai jenis kejadian.

“Damkar itu dipanggil untuk memadamkan si jago merah saat adanya insiden kebakaran, atau pun untuk menangkap hewan reptil jenis ular. Kita bertugas itu tidak meminta uang seperak pun, terkecuali anggota kami dikasih oleh pemohon tersebut sebagai uang lelah baru akan kami terima, karena yang namanya dikasih masa ditolak kecuali kita meminta baru tidak boleh,” tegas Sudianta.

“Kami adalah pekerja sosial, lillahi ta’alla untuk membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan kami,” pungkasnya menambahkan.

Diketahui, peresmian kantor sektor Pemadam yang terletak dikawasan Kota Wisata, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, pada Rabu 31 Mei 2023, dihadiri oleh dua anggota DPRD Kabupaten Bogor.

Diantaranya, Achmad Fathoni yang merupakan anggota komisi III DPRD Kabupaten Bogor fraksi PKS, dan anggota komisi I DPRD Kabupaten Bogor fraksi Golkar, Amin Sugandi, serta Kasie Ops Pemadaman pada Dinas Damkar Kabupaten Bogor yakni Rico Wibisono maupun kepala Sektor Cibinong, Maulana.

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *