31 Peserta Asing dan Indonesia Ikuti Kontes Batik Indonesia di Hanoi

Hanoi, Vietnam – Dalam rangka Hari Batik Nasional, 31 peserta asing dan Indonesia mengikuti kontes Pose Batik Indonesia yang diselenggarakan oleh KBRI Hanoi (28/10). Kompetisi ini ditujukan untuk mempromosikan Batik yang diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB).

Kompetisi tersebut diikuti oleh setidaknya 31 peserta WNI di Vietnam dan penduduk lokal Vietnam. Kontes dibuka pada tanggal 4 hingga 20 Oktober 2023 dimana kontestan mengunggah foto menggunakan Batik di media sosial dengan tagar #posebatikIndonesiaHanoi untuk memperlihatkan kreativitas dan cintanya untuk Batik Indonesia.

Pemenang pertama atas nama Ms. Gabrielle Sinay dan pemenang kedua atas nama Mr. Huy Nguyen mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke Indonesia. Kedua unggahan foto tersebut menangkap perhatian dari Ms. Venny Alamsyah dari Batik House Indonesia dan  Ms. Sri Ratna Handayani Budhie dari Handayani Geulis Batik Bogor selaku juri dari kontes tersebut.

Batik adalah hasil karya bangsa Indonesia yang merupakan perpaduan antara seni dan teknologi oleh leluhur bangsa Indonesia. Batik Indonesia dapat berkembang hingga sampai pada suatu tingkatan yang tak ada bandingannya baik dalam desain/motif maupun prosesnya.

 

Sumber: KBRI Hanoi​

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *