Menilik yang Ada di Museum Sumpah Pemuda oleh Zahid Rizky Fakhri

Blog, Sejarah89 views

Lifestyle, BogorOnline.com – Bangsa Indonesia adalah bangsa yang merdeka, karena hasil perjuangan para pahlawannya. Bukti sejarah dari perjuangan para pahlawan kemerdekaan Indonesia salah satunya dapat kita lihat di museum.

Seperti yang kita tahu, museum adalah tempat untuk menyimpan benda-benda yang bersejarah. Nah, kali ini, saya coba berkunjung ke salah satu museum yang ada di Jakarta. Museum yang saya datangi kali ini adalah Museum Sumpah Pemuda.

Museum ini terletak di Jalan Kramat Raya Nomor 106 kota Jakarta Pusat. Museum ini dikategorikan sebagai cagar budaya, karena disinilah tempat terlahirnya gagasan dari para pemuda-pemudi pemersatu bangsa. Ada beberapa ruangan yang menjadi favorit pengunjung jika kita berkunjung ke tempat ini.

1. Ruangan Wage Rudolf Supratman

Beliau adalah sosok pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya. Disini, kita bisa melihat sejarah di balik pembuatan lirik lagu kebangsaan Indonesia Raya beserta Biola asli yang dipergunakan Wage Rudolf Supratman saat memperkenalkan lagu Indonesia Raya untuk pertama kalinya.

2. Selanjutnya, Ada Ruangan Organisasi Pergerakan

Ruangan ini sangat menarik, karena memuat sejarah organisasi pergerakan dan memperlihatkan
majalah-majalah lama yang bersejarah. Di ruangan ini, kita juga dapat melihat media informasi yang menarik. Kita bisa mengetahui informasi seputar media yang bersejarah dari buku besar yang ada disini, yang biasa disebut sebagai buku ajaib.

3. Kemudian, ada Ruangan Ketiga, yaitu ruang inti yang Ada pada Museum Sumpah Pemuda

Ruangan ini adalah ruangan yang digunakan para pemuda pada Kongres Pemuda kedua yang diadakan pada tanggal 28 Oktober 1928. Ruangan ini terlihat masih estetik dengan gaya klasik yang menarik, sehingga kita dapat merasakan suasana dari Kongres Pemuda kedua tahun 1928 itu.
Museum ini sangat mengedukasi dan tidak membosankan. Museum ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu destinasi edukasi wisata yang ada di Jakarta. Dengan harga tiket yang sangat terjangkau, yaitu Rp 2000 untuk masyarakat umum, dan Rp 10000 untuk turis mancanegara. Kita sudah mendapatkan kepuasan dan pengetahuan tentang sejarah Sumpah Pemuda. Yuk teman-teman kita kunjungi museum!

 

Penulis: Zahid Rizky Fakhri

Mahasiswa S1 Fakultas Teknologi dan Design (Program Studi Informatika) Universitas Pembangunan Jaya Bintaro.

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *