Produk UMKM Kota Bogor Go Ekspor to Nigeria & Gana

BOGORONLINE.com – Trade Expo Indonesia (TEI) merupakan pameran dagang B2B terbesar di Indonesia yang berskala Internasional diselenggarakan Kementerian Perdagangan bersama Kadin Indonesia. TEI ke 38 tahun 2023 ini menghadirkan 7 sektor produk dan jasa premium yang akan dihadiri lebih dari 6000 Buyers dari 150 Negara, dengan tema “Sustainable Trade for Global Economic Resilience” dan diharapkan akan mendorong sektor ekonomi di Indonesia semakin kuat. Pameran Trade Expo Indonesia akan diadakan selama 5 hari, yaitu pada 18-22 Oktober 2023 di ICE BSD, Tangerang Selatan.

Bersamaan dengan Pameran, Trade Expo Indonesia Hybrid Edition juga menghadirkan serangkaian kegiatan paralel yang terdiri dari Seminar Internasional, Business Matching dan Business Counseling dan Kota Bogor melalui Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (Dinkukmdagin) turut ambil bagian dalam event tersebut.

Kepala Dinkukmdagin Kota Bogor, Atep Budiman mengatakan, untuk mendukung program dalam pencapaian nilai ekspor tersebut Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan dan Perindustrian Kota Bogor telah melaksanakan kegiatan pelatihan-pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) ekspor kepada pelaku usaha ekspor spesifikasi Export Costing and Pricing (tanggal 14 sampai dengan 16 Maret 2023) dan Prosedur Ekspor (tanggal 25 sampai dengan 27 Juli 2023) dengan masing-masing spesifikasi pelatihan diikuiti oleh 20 pelaku usaha bertempat di Pusat Pelatihan Sumberdaya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan (PPEJP) Kementrian Perdagangan RI Jl. Letjen S. Parman Nomor 112 Grogol Jakarta Barat.

“Program Pengembangan Ekspor mempunyai indikator program meningkatnya nilai realisasi ekspor. Target nilai ekspor Kota Bogor tahun 2023 sebesar US$ 117.082.147,54 dari jenis komoditi ban, jaket, obat, minuman, furniture, benang, pakaian jadi, kayu gaharu, gula semut, makanan, alat makan dari plastik, kopi hijau, tempe, kapuk, alat pertanian, getah damar, ekoprint, panah, tanaman hias, bumbu masak, mukena, batik, perahu karet, zeolite dan lainnya,” kata Atep.

Kegiatan Coaching Clinic

Atep menjelaskan, nilai ekspor tahun 2023 sampai dengan triwulan III tahun 2023 tercapai US$ 86.009.145,72. Realisasi nilai ekspor di Kota Bogor dari tahun ke tahun meningkat, pada tahun 2020 mencapai US$ 70.929.921,51, tahun 2021 US$ 99.874.169,05 dan tahun 2022 US$ 155.784.806,30. Jenis komoditi Kota Bogor menembus ke 88 negara dengan urutan 10 besar ke negara Philipina, Cina, Jerman, Malaysia, Australia, Amerika Sertikat, Jepang, Belanda, Tailand dan Korea Selatan.

“Tanggal 21 Juni 2023 telah dilaksanakan sosialisasi informasi pasar ekspor kepada 30 peserta pelaku usaha dengan materi Strategi dan Menangkap Peluang Pasar Luar Negeri Benua Asia Untuk Produk Unggulan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Bogor dari Direktorat Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor Direktorat Jernderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI dan materi Prosedur Layanan Ekspor Untuk Mendorong Kelancaran Pelaku Usaha Ekspor dan Orientasi Ekspor Dalam Meningkatkan Pangsa Pasar Luar Negeri dari Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai Bogor,” jelasnya.

Temu Bisnis Ekspor

Disamping itu, Atep melanjutkan, diadakan kerjasama dengan Free Trade Agrement (FTA) Centre Bandung maupun FTA Centre Jakarta dalam konsultasi peningkatan kualitas SDM ekspor, pendampingan desain, pendampingan pameran dagang Trade Expo Indonesia serta dan pada tanggal 1 dan 2 Agustus 2023 diadakan kegiatan coaching clinic impelementasi perjanjian perdagangan internasional bertempat di Hotel Swiss Bell in Bogor.

“Kami mengadakan temu bisnis yang dihadiri oleh 60 peserta pelaku usaha dan jenis produknya dengan Atase Perdagangan Malaysia dan Nigeri beserta calon buyer dan Indonesia Trade Promotion Centre (ITPC) Kota Lagos Nigeria serta tanggal 21 dan 31 Oktober 2023 mendatangkan calon buyer luar negeri dari Nigeria dan Gana bertempat di Gerai 100 % Bogor sekaligus memperkenalkan produk-produk Kota bogor kepada calon buyer kedua negara tersebut,” Atep menutup. (Advetorial)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *