Tekan Polusi Udara, Dishub Kabupaten Bogor Gencar Lakukan Uji Emisi Kendaraan Bermotor Tiap Akhir Pekan

BOGOR, BogorOnline.com – Guna menekan polusi udara yang terjadi belakangan ini, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor, kembali melaksanakan uji emisi tiap akhir pekan.

Kali ini, giat itu dilakukannya kepada puluhan kendaraan roda empat yang tergabung dalam komunitas Pajero.id, bertempat di D’Sawah Resort, Resto and Rekreasi yang terletak di jalan Cilubang Mekar Nomor 88, RT 003 RW 008, Situgede, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Sabtu (25/11/23).

Kepala Seksie (Kasie) Uji Berkala Kendaraan Bermotor, Deni Setiawan mengatakan, guna mendekatkan pelayanan kepada masyarakat disisi sadar akan uji emisi kendaraan bermotor, pihaknya kembali melaksanakan giat tersebut yang kini dikhususkan bagi komunitas Pajero.id, yang mana pada hari sedang merayakan anniversary pertamanya bertempat di salah satu cafe and resto kawasan Kota Bogor.

“Uji Emisi yang kami lakukan kepada komunitas Pajero.id khususnya, merupakan giat rutin kita setiap akhir pekannya,” kata Deni kepada wartawan media ini, dilokasi kegiatan.

Ia menjelaskan, bila pelaksanaan uji emisi yang dilakukan jajarannya itu dengan menerjunkan dua tenaga ahli penguji yang berkompeten dibidang tersebut. Serta giat itu, merupakan kolaborasi antara Dishub Kabupaten Bogor dengan komunitas Pajero.id.

“Giat ini merupakan agenda rutin Dishub Kabupaten Bogor, yang kali ini bekerja sama dengan komunitas pajero.id tersebut. Dimana sebelumnya, komunitas ini telah mengajukan surat permohonan pelaksanaan uji emisi di hari saat puncak perayaan Anniversary ke-1 tahun 2023 pada hari ini,” ungkapnya.

Deni mengaku, dari puluhan uji emisi yang dilaksanakannya kepada setiap kendaraan roda empat itu, hanya ada dua (2) yang tak lulus uji emisi.

“Dari puluhan mobil yang kita uji emisi pada hari ini, hanya ada dua yang tak lolos uji emisi. Itu pun kendalanya, hanya karena belum diganti filter udara mobil, maka saat itu juga kita sarankan untuk diganti dibengkel terdekat agar kelaikan kendaraan bisa kembali normal,” ujar Deni.

Menurutnya, kata Deni, gencarnya pelaksanaan uji emisi oleh Dishub Kabupaten Bogor, bagi setiap kendaraan bermotor ini sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Nomor 8 Tahun 2023 tentang Penerapan Baku Mutu Emisi Kendaraan Bermotor Kategori M, Kategori N, Kategori O, dan Kategori L.

“Uji Emisi, sesuai dengan peraturan Menteri LHK nomor 8 tahun 2023 tentang penerapan bakti mutu emisi kendaraan bermotor. Semoga, dengan kami gencar melakukan uji emisi kepada setiap kendaraan roda empat dan seterusnya, dapat menekan polusi udara di wilayah Bogor khususnya, serta mengukur jumlah polutan yang dikeluarkan oleh kendaraan saat beroperasi,” pungkasnya.

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *