Kehadiran Pabrik Aqua Ciherang Dirasakan Warga Sekitar

Daerah, Kab Bogor209 views

BOGORONLINE.com – Kehadiran Pabrik AQUA rupanya telah memberikan dampak positif bagi warga di Kampung Penganduan, Desa Ciherang Pondok, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor.

Warga setempat mengaku sangat merasakan adanya bantuan-bantuan yang diberikan pabrik AQUA baik dalam hal ketersediaan air bersih maupun ekonomi. Bahkan baru-baru ini kembali menunjukan kepeduliannya terhadap lingkungan sekitar dengan membangunkan sarana air bersih bagi warga RT04 RW03, Desa Ciherang Pondok.

Ubung, salah satu warga RT01 RW01 Desa Ciherang, seorang pedagang makanan, yang letaknya persis di samping depan Pabrik AQUA mengaku sangat merasakan manfaat dari keberadaan pabrik di dekat tempat tinggalnya.

Meskipun di rumahnya sudah ada air sumur, kata dia, keluarganya serta warga lainnya, termasuk musala yang ada di sekitar diberikan fasilitas sarana air bersih secara gratis dari pabrik AQUA melalui saluran perpipaan.

“Kita di sini air malah berlebih. Sebetulnya dengan menggunakan air sumur saja kita juga cukup. Tapi, ditambah dari pemberian air bersih lagi dari AQUA. Lumayanlah. Hitung-hitung bisa ngirit biaya bayar listrik. Kan kalau menggunakan air bersih bantuan dari AQUA kita tinggal putar kran saja, sehingga tidak boros listrik,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, kata Ubung, anaknya dan sebagian keluarganya yang lain juga bisa bekerja di Pabrik AQUA. “Iya, saya bersyukurlah, anak saya juga tidak menganggur karena bisa diterima kerja di pabrik,” ujarnya.

Bagi warga sekitar yang ingin menambah penghasilan juga ditawarkan pemasangan brand AQUA di dinding-dinding rumah mereka dari pabrik AQUA-nya. “Jadi, lumayan secara ekonomi bisa membantu warga,” ucapnya.

Selain itu, ibu-ibu PKK yang ada di sekitar pabrik juga diberi pelatihan budidaya maggot untuk menambah penghasilan mereka seperti disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Desa Ciherang Pondok, Novi Variana Wiharsa.

“Selain dilatih soal peduli lingkungan, para ibu di desa kami ini juga diajari mengenai budidaya maggot untuk menambah penghasilan dari Pabrik AQUA. Artinya, kami sangat bersyukur dengan kehadiran pabrik AQUA di sini. Warga banyak terbantu baik secara lingkungan, air bersih dan ekonomi,” kata Novi.

Sementara itu, SR-CSR Manager Pabrik AQUA Ciherang, Heri Yunarso mengatakan, pemberian bantuan sarana air minum tersebut merupakan wujud komitmen pihaknya terhadap warga dan lingkungan sekitar pabrik.

Terlebih, kata dia, Ciherang Pondok rentan mengalami krisis air bersih saat musim kemarau melanda wilayah tersebut.

“Selama 2015 hingga 2019, beberapa wilayah di desa ini rentan mengalami kekeringan. Karena itu, kami menggandeng mitra dan pemerintah desa, berupaya mengatasinya dengan membangunkan sarana air bersih untuk mengatasi kekeringan,” ujarnya.

Lebih lanjut Heri, hasil dari kerja sama pihaknya dengan Yayasan Pembangunan Citra Insani Indonesia (YPCII) telah terbangun sebanyak 15 sarana air bersih yang tersebar di sejumlah titik di Desa Ciherang Pondok serta Desa Ciderum.

“Untuk Desa Ciherang Pondok, telah dibangun tujuh titik. Kami berharap, masyarakat penerima manfaat program bisa turut menjaga serta memelihara fasilitas yang telah diberikan agar bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama,” pintanya.

Kepala Desa Ciherang Pondok, Aldi Wiharsa menyampaikan apresiasi atas kepedulian pihak perusahaan terhadap kondisi masyarakat desanya. Terlebih, kata dia, air merupakan kebutuhan yang sangat vital yang harus selalu terpenuhi.

“Alhamdulillah, sejak awal perusahaan berdiri, Pabrik AQUA Ciherang tetap konsisten menunjukan perhatiannya terhadap warga dan lingkungan sekitar pabrik. Dan tentunya ini merupakan bentuk sinergitas perusahaan dengan kami (pemdes) maupun masyarakat,” tukasnya.

Aldi mengaku sarana yang telah diberikan, manfaatnya sangat dirasakan warga. Dan menurutnya, Pabrik AQUA Ciherang, selalu siap mengakomodir serta mengedepankan berbagai kepentingan sosial masyarakat.

Karena itu, pihaknya berpesan kepada pengelola dan warga untuk turut menjaga sarana yang telah dibangun oleh pihak perusahaan.

Tak hanya itu, Aldi pun angkat jempol dengan keberhasilan Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum (KP-SPAM) di wilayahnya dalam mengelola keuangan warga dari program tersebut, hingga menyisakan saldo dengan nilai mencapai ratusan juta rupiah.

Menurutnya, hal itu tidak terlepas dari pembinaan atau pendampingan yang diberikan Tim CSR Pabrik AQUA Ciherang dan YPCII.

Di kesempatan yang sama, Camat Caringin, Endi Rismawan berharap sarana yang telah dibangun di tengah warga bisa memberikan manfaat dalam waktu yang panjang serta membawa keberkahan baik bagi pemberi atau penerima bantuan.

“Kami sangat mengapresiasi pihak Pabrik AQUA Ciherang yang dari tahun ke tahun tetap konsisten menunjukan perhatiannya kepada warga, melalui pemberian sarana yang bermanfaat. Semoga bantuan ini senantiasa membawa keberkahan serta manfaat bagi masyarakat,” katanya. (*)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *