Manfaat Daun Pepaya Untuk Imun Tubuh

Manfaat Daun pepaya untuk kesehatan telah dikenal dalam berbagai budaya sebagai tanaman yang memiliki beragam kemanfaatan. Selain buahnya yang terkenal dengan khasiatnya, daun pepaya juga menjadi sorotan dalam pengobatan tradisional dan pengobatan alami.
Daun pepaya mudah dikenali dan dipahami. Daun ini tunggal, besar, dan memiliki bagian-bagian lengkap seperti tangkai, helaian, dan upih.Bentuknya bulat seperti bola dengan ujung meruncing. Tangkainya panjang dan berongga. Tulang daunnya menjari, menyebar dari bagian tengah tanaman ke segala arah. Daun ini terbentuk pada masa pertumbuhan tanaman.
Kandungan Daun Pepaya
Daun pepaya mengandung berbagai zat gizi yang penting bagi tubuh. Dalam setiap 100 gram, terdapat kandungannya ,yaitu :
1. Energi sebanyak 79 kalori,
2. 8 gram protein,
3. 2 gram lemak,
4. 11,9 gram karbohidrat,
5. 353 mg kalsium,
6. 63 mg fosfor,
7. 1 mg zat besi,
8. 18.250 IU vitamin A,
9. 0,15 mg vitamin B1,
10. dan 140 mg vitamin C.
11. Selain itu, sekitar 71% dari dapat dikonsumsi.
Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan
1. Menghambat Pertumbuhan Bakteri
Pertama-tama, jus daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan aktif yang termasuk senyawa karpain. Selain itu, jus daunnya memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti jamur, cacing, parasit, bakteri, dan bahkan sel kanker.
2. Meningkatkan Imunitas Tubuh
Selanjutnya, secara alami merangsang regenerasi sel darah putih dan trombosit dalam tubuh. Kandungan vitamin A, C, dan E, berperan penting dalam mendukung sistem kekebalan tubuh.
3. Anti Malaria
Banyak bagian dunia yang menggunakan jus daunnya sebagai profilaksis untuk mencegah malaria di daerah yang endemis.
4. Pencegahan Demam Berdarah
Studi ilmiah menunjukkan bahwa ekstrak daun pepaya mengandung enzim papain yang dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh. Untuk hasil yang cepat, minumlah 20-25 ml jus daunnya selama dua kali sehari selama seminggu.
5. Mengurangi Nyeri Haid
Bagi para wanita, daun pepaya dapat membantu mengurangi nyeri haid. Caranya, rebus daun tersebut dengan tambahan asam jawa dan garam, lalu minum ramuan ini saat datang bulan.
6. Membantu Pencernaan
Enzim papain dalam daunnya memiliki peran penting dalam pencernaan protein dan mengobati gangguan pencernaan. Selain itu, rebusan daun tersebut dapat meredakan mulas dan meningkatkan nafsu makan.
7. Membantu Penyakit Pembesaran Prostat
Daun pepaya dapat membantu mengatasi masalah pembesaran prostat jinak dan masalah terkait lainnya, seperti lesi dubur
8. Mengatasi Jerawat
Untuk mengatasi jerawat, gunakan daunnya yang muda yang dihaluskan menjadi pasta dan gunakan sebagai masker wajah. Setelah 10-30 menit, bilas dengan air bersih
9. Meningkatkan Trombosit
Daunnya sangat penting dalam meningkatkan jumlah trombosit, terutama bagi mereka yang mengalami kekurangan vitamin, menjalani kemoterapi, atau menderita demam berdarah.
10. Emfisema
Daun papaya banyak mengandung vitamin D yang dapat mencegah terjadinya penyakit emfiisema yang berhubungan dengan paru-paru.
Daun pepaya menawarkan sejumlah manfaat yang luar biasa bagi kesehatan manusia. Dari sifat antioksidan, antiinflamasi, hingga antimikroba, daun pepaya memiliki potensi untuk mendukung kesehatan secara menyeluruh.

Sumber USU
Redaktur / Foto. ; Aldi S

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *