PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK

Oleh : Nadia Eka Nurhidayah, S.Pd

 

Pendidikan dipercaya dapat membangun kecerdasan sekaligus kepribadian manusia menjadi lebih baik lagi. Namun jika pendidikan hanya mementingkan kecerdasan tanpa membangun kerakter, akan menghasilkan kerusakan moral pada peserta didik. Kerusakan moral dapat menghambat kemajuan dari suatu bangsa. Oleh karena itu betapa pentingnya pendidikan karakter yang harus di ajarkan kepada anak sejak dini, baik di lingkungan rumah, sekolah, atau lingkungan masyarakat.
Pendidikan karakter bukan hanya sekedar mengajarkan mana yang benar mana yang salah. Lebih dari itu, pendidikan karakter merupakan upaya yang terencana dalam proses pembimbingan dan pembelajaran bagi peserta didik agar berkembang dan tumbuh menjadi manusia yang mandiri, bertanggung jawab, kreatif, berilmu, dan berakhalak mulia. Tujuan pendidikan karakter adalah membentuk karakter yang baik dengan perilaku yang benar dalam hubungannya dengan manusia, alam, lingkungan, dan diri sendiri. Guru memiliki peran penting dalam pembentukan karakter peserta didik.
Guru adalah figur seorang pemimpin. Guru dapat membantu dan membentuk watak peserta didik dengan cara memberikan teladan yang baik, cara berbicara yang baik, membimbing siswa untuk memahami nilai-nilai yang penting, dan menyampaikan materi yang baik. Guru yang berkarakter baik akan melahirkan generasi penerus yang berkarakter baik. Kecerdasan akademis dan intelektual anak tidak ada maknanya jika tidak diimbangi dengan karakter yang baik. Banyak hasil penelitian yang membuktikan bahwa karakter seseorang dapat mempengaruhi kesuksesan.

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *