Gantikan Pasukan Kuning, ASN di Kota Bogor Bebersih Jalan

BOGORONLINE.com – Sejak pukul 05.10 WIB, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menggantikan tugas pasukan kuning atau petugas kebersihan pada bagian penyapu jalan untuk bebersih jalan di Kota Bogor, Rabu (6/3/2024).

Tanpa terkecuali, Wali Kota Bogor, Bima Arya pun ikut menyapu Jalan di seputar Sistem Satu Arah (SSA), Jalan Pajajaran hingga Jalan Otto Iskandardinata (Otista).

Ia didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Bogor, Hanafi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor, Denni Wismanto beserta jajaran.

Tak hanya menyapu jalan, ada juga ASN yang bertugas mengangkut sampah melalui tempat sampah mobile, bahkan kepala bidang.

Kabid Tata Lingkungan DLH Kota Bogor, Setiawati atau yang akrab disapa Wawa mengendarai Motor sampah (Mosam) untuk mengangkut sampah-sampah yang sudah disapu dan dikumpulkan.

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan kegiatan ini dilaksanakan oleh seluruh ASN Pemkot hingga wilayah.

“Iya, jadi pagi ini saya bersama dinas-dinas, camat, lurah untuk sejenak menggantikan tugas pasukan kuning, pasukan kebersihan untuk membersihkan jalan,” katanya.

Bima Arya juga menyampaikan terima kasih kepada pasukan kuning, seluruh warga Kota Bogor yang bersama-sama pemerintah kota menjaga kebersihan kota, melakukan inovasi, berkolaborasi dengan semua untuk tetap menjaga Kota Bogor sebagai kota hijau dengan pembangunan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Kepala DLH Kota Bogor, Denni Wismanto mengatakan bahwa ini merupakan bentuk apresiasi kepada pasukan kuning yang juga sudah disampaikan oleh Wali Kota Bogor, Bima Arya kemarin.

“Dan beliau menyampaikan di Balai Kota bahwa hari ini, pagi tadi bahwa pasukan kuning boleh beristirahat sejenak. Jadi ASN di Kota Bogor itu menggantikan perannya menyapu, membersihkan disekitar jalan-jalan utama sekitar kantornya masing-masing,” katanya.

Kegiatan ini lanjut Denni akan dilakukan sejak pukul 05.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB.

Sementara itu, Camat Bogor Tengah, Teofilo Patrocinio Freitas mengatakan, kegiatan bersih-bersih menggantikan tugas pasukan kuning oleh Kecamatan Bogor Tengah dibagi ke dalam 6 titik.

Kegiatan ini diikuti oleh 11 kelurahan dengan total lebih dari 200 orang.

“Jadi kecamatan itu kita bagi di 6 spot, mulai dari Kopi Tugoh Jalan Salak dan Jalan Pajajaran sampai Tugu Kujang, ada di Pedati, Lawang Seketeng, Suryakencana, Rangga Gading, Panaragan, jadi kurang lebih 6 spot,” katanya.

Ke depan dengan diraihnya Piala Adipura yang kedua ini penanganan, pengurangan dan pengelolaan sampah akan terus ditingkatkan bersama-sama masyarakat.

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *