Pemkab Bogor Sabet Penghargaan Terbaik Pertama Dalam Ajang SPM Awards Tingkat Nasional

BOGORONLINE.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat, meraih juara pertama pada penganugerahaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Awards tahun 2024 Kategori Kabupaten, dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia. Penghargaan diterima langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Bogor, Asmawa Tosepu, bertempat di Hotel Bidakara, Jakarta, pada Rabu (24/4/2024).

Dimana, penghargaan itu diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo. Pada ajang SPM Awards 2024, Pemerintah Kabupaten Bogor juga, dinilai berkinerja terbaik dalam pelaksanaan penerapan Standar Pelayanan Minimal pada tahun anggaran 2023.

Dalam sambutannya, Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo menjelaskan, pemerintah telah menerbitkan Undang-Undang Nomor 1 tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antar Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, dimana pada pasal 130 ayat 1 mengamatkan bahwa Dana Alokasi Umum Atau DAU digunakan untuk memenuhi pencapaian SPM berdasarkan tingkat capaian kinerja layanan daerah.

“Selanjutnya pada pasal 141 ayat 1 dan pasal 144 ayat 2 menyatakan bahwa pemerintah daerah menyusun program pembangunan daerah dan belanja daerah berorientasi pada pemenuhan kebutuhan pencapaian SPM,” kata Wamendagri, John Wempi, dilokasi acara.

Ia menambahkan, pelaksanaan urusan wajib pelayanan dasar yang dilaksanakan melalui SPM diharapkan akan menjamin terwujudnya hak-hak individu masyarakat serta dapat menjamin akses untuk mendapatkan pelayanan dasar yang wajib diselenggarakan oleh pemerintah daerah, sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

“Saya menyampaikan selamat kepada pemerintah kabupaten, kota, dan provinsi yang menerima penghargaan SPM Awards hari ini. Semoga ini menjadi spirit, dorongan, dan motivasi mewujudkan komitmen kita bersama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait urusan wajib pelayanan dasar. Selanjutnya saya minta terus tingkatkan strategi dan inovasi dalam pencapaian SPM,” jelas John Wempi Wetipo.

Sementara itu, Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu menyampaikan, penghargaan ini menjadi semangat, pemicu dan pemacu bagi aparat yang ada di lingkup Pemkab Bogor dalam rangka meningkatkan pelayanan publik yang berkeadilan.

“Ini adalah bagian dari upaya dan ikhtiar bersama. Tentunya capaian peringkat pertama SPM Awards tahun 2024 ini akan semakin meningkatkan pelayanan kami kepada masyarakat Kabupaten Bogor,” singkat Asmawa.

Adapun, Pj Bupati Bogor, Aswama Tosepu hadir menerima penghargaan didampingi oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang), Ajat R Jatnika serta Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Kabag Tapem) Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor.

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *