Generasi Muda, Generasi Penjunjung Tinggi Empat PIlar

Bogoronline.com – Habib Fahmy Alaydroes, Anggota MPR RI Dapil Jawa Barat V kembali menggelar Sisialisasi Empat Pilar MPR RI untuk kalangan mahasiswa dan orang tuanya. Beliau mengungkapkan bahwa Empat Pilar MPR (Pancasila, Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika) sangat berhubungan erat dengan generasi muda mahasiswa Indonesia.

“Untuk itu, menjadi sangat penting generasi muda mahasiswa Indonesia era kekinian untuk semangat dan serius berupaya memahami dan mengimplementasikan Empat Pilar tersebut,” imbuh Habib Fahmy.

Hal tersebut dipaparkan Habib di hadapan tidak kurang dari 150 peserta Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, yang terdiri dari para mahasiswa Universitas Ibn Khaldun Bogor dan orang tua mereka di lantai 3 gedung DPD PKS Kabupaten Bogor di Jalan Tegar Beriman, Cibinong pada 04/05 yang lalu.
Menurut Habib kaitan tersebut berawal dari perjuangan fenomenal mahasiswa Indonesia pada 1998 yang membuka era reformasi, mengantarkan Indonesia memasuki era perubahan dan pembaruan yang luar biasa, termasuk perubahan elemen penting negara Indonesia yakni Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945.

Era reformasi menurutnya, menumbuhkan pembaruan bentuk pemahaman dan implementasi terhadap Pancasila, Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika yang tidak lagi indoktrinasi, tapi karena kesadaran akan pentingnya empat hal tersebut bagi negara dan rakyat Indonesia.

Habib Fahmy menambahkan bahwa generasi muda mahasiswa Indonesia era milenial saat ini harus memahami betul bahwa Empat Pilar merupakan hasil perjuangan mahasiswa juga. Kini perjuangan tersebut tidak boleh berhenti, tetapi harus berlanjut terus di sisi pemahaman dan implementasi.

“Negara sendiri melihat betapa urgennya rakyat memahami kembali nilai-nilai yang ada dalam Empat Pilar tersebut, sehingga UU MD3 mengamanahkan lembaga MPR RI untuk melakukan sosialisasi empat hal penting itu, yang kemudian dilaksanakan MPR RI dengan berbagai metode kepada seluruh rakyat Indonesia,” ujar Habib.

Pemahaman dan implementasi Empat Pilar yang baik oleh generasi muda, ditekankan Habib Fahmy, akan menjadi benteng dari dampak negatif zaman modernisasi serta perkembangan teknologi yang sangat maju. Selain itu, bisa menjadi filter dalam menghadapi tahun politik, yakni tidak terpengaruh untuk saling berkonflik karena beda pilihan.

Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang bertema ‘Generasi Muda, Generasi Penjunjung Tinggi 4 Pilar’ selain dihadiri oleh ratusan mahasiswa juga dihadiri oleh orang tua mereka. “Kalian generasi muda mahasiswa Indonesia harus terdepan dalam menjaga Pancasila, NKRI dan konstitusi negara,” pungkas Habib Fahmy mengakhiri uraiannya. (Ist)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *