Mahasiswa Komunikasi Digital dan Media Sekolah Vokasi IPB Memperkenalkan Public Speaking dan Penggunaan AI

Bogor, 24 Februari 2024 – Kelompok 4 Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University Program Studi Komunikasi Digital dan Media menggelar kegiatan sosialisasi “Communication World” dengan pembahasan mengenai public speaking dan juga AI atau Artificial Intelligence. Kegiatan berlangsung pada tanggal 24 Februari 2024 di SMP Negeri 4 Bogor. Sosialisasi diikuti sekitar 30 siswa dari kelas 8.

Sosialisasi tersebut merupakan bentuk dari pengenalan mengenai public speaking dan penggunaan AI kepada siswa dan siswi SMP. Pentingnya pemahaman mengenai komunikasi dan teknologi sangat diperlukan oleh manusia sejak dini, karena dengan pemahaman tersebut manusia dapat memanfaatkan kemampuan komunikasi dan teknologi untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kepekaan akan adanya dunia digital.

Materi pertama yang disampaikan yaitu mengenai public speaking, mulai dari definisi public speaking, tujuan, metode, hal yang harus diperhatikan hingga tips and trick untuk melakukan public speaking yang baik. Pemaparan materi ini dapat membantu siswa untuk lebih mengenal dan mengetahui bagaimana cara untuk melakukan public speaking secara baik. Selain itu, dalam sesi ini mahasiswa memberi kesempatan kepada siswa dan siswi untuk berbicara di depan teman-temannya sebagai bentuk dari praktik public speaking.

Pada sesi materi kedua, mahasiswa memberikan pemaparan mengenai penggunaan serta pemanfaatan AI yang benar. Materi pemaparan mencangkup definisi, kelebihan kekurangan, contoh penerapan, penggunaan AI dalam pendidikan, serta cara bijak dalam penggunaan AI. Pada sesi ini ternyata masih banyak siswa siswi yang belum mengetahui penggunaan AI secara bijak.

Para mahasiswa memilih kedua materi ini dikarenakan di era yang serba digital tingkat awareness para siswa terhadap kemajuan digital masih sangat kurang, selain itu kemampuan komunikasi para siswa harus dilatih sejak dini agar dapat meningkatkan rasa percaya diri dan juga kemampuan berkomunikasi yang baik. Kedua materi ini sangat cocok diberikan kepada siswa dan siswi SMP.

Melalui metode pemaparan yang interaktif, membuat siswa-siswi turut berpartisipasi dalam seluruh rangkaian kegiatan. Aktifnya peserta dalam sosialisasi ini membuat kegiatan sosialisasi berjalan dengan sangat baik. Para peserta aktif dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh para mahasiswa serta para siswa juga aktif bertanya mengenai pemaparan yang telah diberikan oleh mahasiswa.

Dari kegiatan sosialisasi public speaking dan perkembangan AI ini diharapkan para siswa dan siswi SMP Negeri 4 Bogor dapat menerapkan materi yang telah diberikan oleh para mahasiswa Sekolah Vokasi IPB program studi Komunikasi Digital dan Media dalam kegiatan pembelajaran dalam kelas maupun dalam kegiatan sehari-harinya. (Ist)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *