Pemkot Bogor Lakukan Penguatan UKS di Kota Bogor

BOGORONLINE.com – Guna mewujudkan generasi sehat dan berkarakter di sekolah atau madrasah di Kota Bogor, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menggelar rapat koordinasi (Rakor) dan penguatan tim pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Hotel Onih, Jalan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Senin (27/5/2024).

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat pada Sekretariat Daerah Kota Bogor, Eko Prabowo yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan, rakor UKS ini diikuti semua tingkatan jenjang pendidikan di lingkungan Dinas Pendidikan, juga Kementerian Agama (Kemenag).

“Rakor UKS ini bukan dari sekolah dari negeri saja tapi mulai dari tingkatan PAUD, TK, SD atau MI, SMP atau Mts, SMA SMK atau MA,” terang Eko.

Ia menambahkan tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kesehatan, mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik yang tercermin dalam kehidupan perilaku bersih dan sehat.

“Sehingga memungkinkan peserta didik mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Jadi sekolah sehat mempengaruhi perkembangan peserta didik,” imbuhnya.

Ia menjabarkan, bahwa strata UKS memiliki empat tingkatan, yakni minimal, standar, optimal, dan paripurna. Namun dari tingkatan UKS di Kota Bogor masih didominasi strata minimal atau tingkatan paling bawah.

Sedangkan sekolah yang sudah tingkatan paripurna baru mencapai 4-6 persen dari total 1.192 sekolah di Kota Bogor.

“Kita ada 1.192 sekolah dari berbagai tingkatan mulai dari TK hingga SMA, dan 1.189 sudah sudah memiliki UKS dan tiga sisanya belum memiliki UKS,” ucap Eko.

Untuk itu, pihaknya berharap dalam rakor ini sekolah atau madrasah dapat menyampaikan kendala yang dihadapi agar bisa dibahas bersama sehingga dapat meningkatkan strata UKS tersebut.

“Dengan bertemu seperti ini saya sampaikan arahan yang (strata UKS) minimal cerita apa kendalanya, apakah gedung, luas lahan dan sebagainya. Dan yang strata paripurna itu berbagi pengalaman tentang empat indikator UKS,” ungkapnya.

Eko menambahkan, empat indikator sekolah itu dikatakan UKS baik, yaitu PHBS sekolah terlaksana dengan baik, UKS melayani dengan baik, kantin sehat dan sekolah hijau.

“Nanti tim pembina tingkat kota akan merangkum kendala-kendala itu, ditelaah, dilaporkan untuk dikeluarkan kebijakan pimpinan untuk meningkatkan strata UKS tadi,” tandasnya.

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *