Perumda Tirta Pakuan Minta Kontraktor Kebut Pemasangan Pipa di Gunung Batu

BOGORONLINE.com – Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor meminta kontraktor mempercepat proyek pemasangan pipa 24 inchi sepanjang 600 meter di wilayah Kelurahan Gunung Batu, Kecamatan Bogor Barat.

Selain itu, kontraktor juga diminta harus berkomunikasi dengan masyarakat dan pedagang setempat perihal dampak dari proyek pemasangan pipa tersebut.

Direktur Teknik (Dirtek) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Ardani Yusuf memaparkan, terkait dengan pemasangan pipa diameter 24 inchi sepanjang 600 meter di Gunung Batu sebelumnya pihaknya mohon maaf atas terganggunya lalu lintas atau masyarakat yang sedang melakukan kegiatan perekonomian, seperti berdagang.

“Tetapi perlu diketahui kegiatan tersebut merupakan program perbaikan sistem pengaliran untuk ke wilayah Bogor Barat, seperti Balumbang Jaya, Bubulak, Situ Gede, dan sekitarnya,” terang Ardani kepada wartawan, Selasa, 21 Mei 2024.

Dijelaskan, pekerjaan itu dilaksanakan menggunakan sistem HDD, yang di luar prediksi ternyata dengan sistem yang tidak banyak melakukan galian di jalan menemui sedikit hambatan. Ada terdapat utilitas baik Telkom, PLN, dan pipa PDAM Tirta Kahuripan.

“Hal itu harus kami jaga, jangan sampai terganggu dengan adanya proyek kami. Kenapa sedikit lama dalam pemasangan, karena kami mengantisipasi agar utilitas-utilitas yang di bawah tersebut tidak terganggu dengan adanya pekerjaan pemasangan pipa dengan sistem HDD,” ujarnya.

Namun demikian, Ardani menyebut pihaknya sudah mewanti-wanti ke pihak pelaksana atau kontraktor untuk melakukan komunikasi dengan pedagang setempat.

“Ya ada, yang penting untuk ‘diperhatikan’ kepada masyarakat, itu yang utama,” ungkap Ardani.

Untuk target proyek pemasangan pipa tersebut, terang dia, ada tiga tahap dan saat ini akan memasuki tahapan akhir atau boring sedang melakukan test hole agar tahu di dalamnya terdapat utilitas karena berdasarkan pengalaman tahap dua.

“Target pertengahan bulan Juni ini harus sudah selesai, kami lihat di lapangan, kalau ada kendala kami informasikan. Kami sekarang sudah memitigasi resiko ke pihak pelaksana, untuk dipastikan kegiatan seminimal mungkin terkait gangguan arus lalu lintas dan perekonomian masyarakat,” tandasnya.

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *