PENTINGNYA PENDIDIKAN

Headline, KOLOM241 views

 

Oleh : Netizar, S.Pd

 

Pendidikan merupakan usaha secara sadar untuk mewujudkan suatu pewarisan budaya dari satu generasi ke generasi yang lain. Secara etimologi pengertian pendidikan adalah proses mengembangkan kemampuan diri sendiri dan kekuatan individu supaya terhindar dari kebodohan. Pendidikan telah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap individu, bahkan pemeritah telah mewajibkan warga negaranya untuk memperoleh hakpendidikan selama 12 tahun dan disarankan lebih dari itu.
Menurut ahli pedagogic dari Belanda M.J.Langeveld mengemukakan bahwa pengertian pendidikan merupakan suatu bimbingan yang diberikan oleh orang dewasa kepada anak yang belum dewasa untuk mencapai tujuan yaitu kedewasaan.
Mendidik dan pendidikan adalah dua hal yang memiliki keterkaitan yang tidak bisa dipisahkan, karena pendidikan sendiri bermakna melakukan suatu tindakan berupa memberikan pendidikan kepada pihak lain. Bagi manusia pendidikan merupakan suatu kewajiban, karena dengan adanya pendidikan manusia dapat memiliki kemampuan dan kepribadian yang berkembang. Upaya pendidikan menyangkut pada hati nurani, nilai-nilai perasaan, pengetahuan dan keterampilan manusia. Dan hanya manusia yang dapat dididik dan menerima pendidikan karena manusia dilengkapi oleh akal budi.
Ada beberapa asumsi yang memungkinkan mengapa seorang manusia perlu memperoleh pendidikan dalam hidupnya:
Karena manusia dilahirkan kedunia dalam keadaan yang tidak berdaya sehingga perlu mendapatkan bantuan dari orang lain untuk melangsungkan hidupnya.
Manusia lahir tidak langsung menjadi orang dewasa, supaya dapat sampai ketingkat dewasa maka diperlukan proses pendidikan.
Pada hakekatnya manusia adalah makhluk social sehingga tidak akan bisa hidup tanpa adanya manusia lain.
Jadi tujuan pendidikan itu adalah untuk mencapai suatu kehidupan yang lebih baik dan untuk membentuk manusia yang memiliki sikap dan perilaku yang baik. Pada hakikatnya manusia dapat dididik dan mendapatkan penidikan sepanjang hidupnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendidikan adalah suatu usaha yang disadari supaya menjadi manusia dewasa yang bertanggung jawab dan mandiri. Dan pendidikan tersebut tidak identic hanya dengan lingkungan sekolah saja tetapi juga dalam lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat yang merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga, masyrakat dan pemerintah.

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *