Pimpin Apel Besar di Perumda Tirta Pakuan, Ini 5 Arahan Pj Wali Kota untuk Pembangunan Kota Bogor

BOGORONLINE.COM – Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor Hery Antasari memimpin apel besar dalam rangka FGD Peran BUMD untuk Pembangunan Kota Bogor yang digelar Perusahan Daerah (Perumda) Tirta Pakuan Kota Bogor, Selasa (2/7/2024).

Kegiatan yang dilangsungkan di halaman kantor Perumda Tirta Pakuan, Jalan Siliwangi, Kota Bogor ini dihadiri seluruh pegawai perusahaan yang bergerak di bidang air bersih tersebut.

Di kesempatan itu, Hery mengajak jajaran direksi dan karyawan Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor untuk terus menjaga kebersamaan dan solidaritas dalam mengabdi.

Dengan kebersamaan, pihaknya optimis mampu meningkatkan kinerja semua karyawan dan target untuk menjadikan Perumda Tirta Pakuan menjadi perusahaan air minum daerah terbaik di Indonesia.

Kendati demikian, untuk mencapai target tersebut ada lima poin yang harus dilakukan. Pertama, meningkatkan pelayanan Perumda Tirta Pakuan dengan menjaga kualitas, kuantitas, kontinuitas, dan keterjangkauan dengan cara menjaga kapasitas produksi, pengembangan jaringan, dan raihan pelanggan, penerapan teknologi terbaru, dan digitalisasi.

Kedua, meningkatkan pendapatan perusahaan melalui strategi pengembangan bisnis yang berkelanjutan, diversifikasi pendapatan dan efisiensi operasional untuk mendukung pembangunan ekonomi Kota Bogor secara keseluruhan.

“Ketiga, meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dilakukan dengan mengadakan pelatihan dan pendidikan bagi karyawan agar memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk mendukung inovasi dan peningkatan kualitas layanan perusahaan,” kata Hery menambahkan.

Keempat, yakni tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Government) dengan mengimplementasikan prinsip transparansi, akuntabilitas, dan keterlibatan stakeholder untuk memastikan keputusan dan operasional perusahaan dilaksanakan dengan integritas dan efisiensi yang tinggi.

“Dan yang kelima, yakni tanggung jawab sosial lingkungan (CSR) dengan berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan, peningkatan kesehatan masyarakat Kota Bogor. Ini termasuk program-program perlindungan lingkungan, pemberdayaan, masyarakat, dan inisiatif sosial lainnya untuk meningkatkan kualitas hidup warga dan menjaga keberlanjutan lingkungan,” jelas dia.

Hery juga menyampaikan atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, dirinya ingin berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, yang selama ini telah memberikan kontribusi dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bogor dan untuk kemaslahatan Kota Bogor.

“Termasuk membesarkan PDAM dan melayani warga Kota Bogor,” kata Hery.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Rino Indira Gusniawan mengawali dengan menyampaikan terima kasih kepada Pj Wali Kota Bogor yang telah menyempatkan diri untuk bertemu dengan seluruh karyawan Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor sampai memberi beberapa amanat kepada mereka.

“Terutama arahan harus netral dalam Pilkada serentak tahun 2024 ini. Pelayanan air bersih sebagai layanan dasar tidak boleh terganggu,” ungkap Rino.

Selain itu, Pj Wali Kota Bogor juga meminta agar Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor agar terus profesional dalam menyediakan pelayanan air bersih untuk masyarakat Kota Bogor.

“Beliau berseloroh kalau target kehilangan airnya itu 24 persen, shadow targetnya itu harus 20 persen. Jadi harus tinggi shadow targetnya, agar target bisa tercapai,” tutur Rino. (*)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *