by

STIE DEWANTARA GELAR PENGABDIAN MASYARAKAT DENGAN BAGIKAN PAKET SEMBAKO

Reporter: Mutiara Nur Shafira Aryandhini
Editor: Ratna Sari

 

Bogor – Pandemi Covid-19 yang belum berakhir di Indonesia tentu saja berdampak untuk berbagai lapisan masyarakat. Hal ini membuat beberapa pihak membuat tindakan untuk membantu masyarakat yang terdampak COVID 19, salah satunya ialah Sekolah Tingga Ilmu Ekonomi (STIE) Dewantara yang terletak di Cibinong, Kabupaten Bogor.

Pada kesempatan kali ini, STIE Dewantara membagikan 100 paket sembako kepada masyarakat di Kampung Kaumpandak, Cibinong, Minggu (16/8/2020).

Paket sembako terdiri dari 5 kg beras, 1 kg minyak goreng, 1 kg gula, dan 5 bungkus mi instan. Selain paket sembako, mahasiswa juga membagikan masker dan vitamin kepada masyarakat yang hadir.

“Pengabdian masyarakat ini dilakukan sebagai wujud keberadaan kampus di masyarakat, sehingga kampus itu terasa di masyarakat,” kata Perwakilan dari LPPM kampus STIE Dewantara Muhlis.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa Eksekutif 30B STIE Dewantara berkaitan dengan mata kuliah Ilmu Budaya Dasar. Mahasiswa yang juga diharapkan dapat mempraktikkan apa yang di dapat di perkuliahan, dimulai dari bernegosiasi, berorganisasi, hingga mencari dana.

Ketua Panitia Salsa Adinda mengungkapkan bahwa dana didapatkan dengan galang dana mandiri melalui sosial media, dan juga beberapa sponsor dari berbagai kantor, dan dinas-dinas pemda terkait.

Demi mencegah penyebaran COVID-19 dalam keberlangsungan acara, panitia melakukan protokol kesehatan seperti mengecek suhu tubuh, menggunakan hand sanitizer kepada warga yang hendak mengambil paket sembako. Setelah itu, pembagian paket sembako pun dibagi menjadi tiga sesi, dan dengan menerapkan protokol kesehatan jaga jarak.

Sebelumnya, pihak kampus juga sudah melakukan langkah-langkah yang dapat membantu masyarakat yang terdampak pandemi dengan memberikan sumbangan dan beras kepada masyarakat yang berada di sekitar kampus.

Setelah melakukan pembagian sembako, pihak kampus juga melakukan kunjungan ke lingkungan sekitar, yaitu ke tempat pembuangan sampah yang dikelola oleh warga setempat.

Ketua RT 02 RW 03 di Kampung Kaumpandak Didi menuturkan bahwa sampah yang masuk ke tempat pembuangan sampah setelah itu dilakukan pemilahan. Ada beberapa sampah yang kemudian dapat diolah dan dijual.

Didi menambahkan bahwa ia merasa terhormat karena STIE Dewantara melakukan pembagian sembako ke wilayahnya. Ia berterima kasih atas bantuan yang diberikan dari mahasiswa kepada warganya.

“Mudah-mudahan mahasiswa juga terus memperhatikan masyarakat banyak,” tutupnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *