by

Alami Musim Dingin Selama 42 Tahun, Ini Lima Fakta tentang Uranus

solarsystem.nasa.gov

Reporter: Adelia Maulitania

Uranus merupakan planet urutan ketujuh dari Matahari. Planet ini dan Neptunus dimasukkan dalam kategori raksasa es untuk membedakannya dengan raksasa gas, Jupiter dan Saturnus. Atmosfer Uranus serupa dengan raksasa gas karena kandungan utamanya merupakan hidrogen dan helium, namun lebih banyak mengandung unsur es.

Nah, setelah mengetahui secuil fakta Uranus. Simak lima fakta lainnya!

  1. Planet Terdingin di Tata Surya

Atmosfer Uranus mengandung lebih banyak unsur es, seperti air, amonia, metana, dan hidrokarbon. Dengan kandungan itu, Uranus menjadi planet terdingin di tata surya dengan suhu terendah yang dapat mencapai –224 °C. Selain itu, bagian dalam Uranus sebagian besar terdiri dari es dan bebatuan.

  1. Planet Paling Ringan

Massa Uranus sekitar 14,5 kali massa Bumi. Hal tersebut menjadikannya sebagai planet yang paling ringan di antara planet-planet raksasa, yaitu Jupiter, Saturnus, dan Neptunus.

  1. Sistem Cincin yang Rumit

Uranus memiliki sistem cincin yang rumit. Sistem cincinnya tersusun dari partikel yang sangat gelap dan ukuran yang beragam.

  1. Baru Mengalami Dua Kali Revolusi

Uranus berevolusi mengelilingi Matahari selama 84 tahun sekali. Hal tersebut berarti Uranus baru mengalami dua kali revolusi sejak planet ini ditemukan pada 1871. Uranus membutuhkan tiga belas tahun lagi untuk memasuki revolusinya yang ketiga.

  1. Musim Dingin Selama 42 Tahun

Planet paling dingin di tata surya ini mengalami musim dingin selama 42 tahun. Neptunus yang lebih jauh dari Matahari, rupanya tidak sedingin Uranus. Hal tersebut disebabkan oleh Neptunus yang memiliki 40% lebih banyak pancaran sinar Matahari daripada Uranus.

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *