by

Cara Menata Ruangan Yang Sempit Agar Terlihat Luas

Foto : Istimewa

BOGORONLINE.com, Tempat tinggal yang mungil terkadang membuat seseorang merasa tidak nyaman. Tetapi tidak perlu khawatir, rumah atau apartemen kecil bisa tetap terlihat luas dan nyaman jika pandai menyiasatinya. Bisa dengan permainan warna cat dinding bahkan konsistensi perabotan pun bisa mempengaruhi terciptanya kesan suatu ruangan.

Dibawah ini adalah cara praktis yang bisa diterapkan dalam menata ruang yang sempit agar terlihat lebih luas.

1. Memilih Cat Dinding Berwarna Cerah

Salah satu rahasia agar ruangan terlihat lebih luas yaitu dengan mengecat dinding dengan warna yang cerah. Jangan menggunakan warna gelap karena dapat menyerap cahaya dan membuat ruangan terlihat lebih sempit.

Untuk dapat menciptakan suasana ceria didalam suatu ruang pilihlah warna pastel, atau bisa juga memilih warna tegas seperti kuning dan merah yang dapat memantulkan cahaya sehingga membuat ruangan terasa lebih luas.

2. Pilih Perabotan Yang Bermotif Unik Dengan Warna Yang Berani

Sesuaikan perabotan yang cocok untuk melengkapi warna dinding yang cerah. Harus berani dalam memilih perabotan yang bermotif unik dengan warna yang berani. Dengan begitu, walaupun memiliki ruang kecil tetapi tidak akan terasa membosankan dan itu akan dapat memberikan statement yang unik.

3. Pilih Perabotan Multifungsi Untuk Menghemat Ruang

Kunci agar ruang sempit terasa lebih luas yaitu dengan penggunaan perabotan yang memiliki desain sederhana. Jangan memilih perabotan yang besar karena hanya akan memakan banyak ruang dan lebih baik memilih perabotan dengan rangka sederhana. Selain itu, utamakan untuk memilih perabotan yang memiliki fungsi lebih dari satu.

4. Hindari Penggunaan Pintu, Gunakanlah Sekat

Jika ruangannya kecil dibatasi dengan pintu hanya akan terlihat lebih sempit. Diusahakan untuk menggunakan sekat sebagai ganti pintu dalam pembagian ruang yang luasnya terbatas ini. Hal ini merupakan cara tradisional untuk memisahkan fungsi satu ruangan dengan lainnya.

Bisa juga menggantungkan pakaian favorit untuk memaksimalkan kegunaannya dan juga dapat memberikan karakter pada ruangan yang sederhana.

Itulah cara sederhana agar ruangan sempit terlihat lebih luas dan terasa nyaman. (Elya Rosa Gobel)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed