by

Keunikkan Pengamen Jalanan Yang Memainkan Alat Musik Bambu Bergetar “Angklung”

BOGORONLINE.com, Bekasi – Dari kejauhan tabuh suara drum berpadu dengan alunan alat musik dari bambu yaitu Angklung. Membentuk instrumen musik yang terdengar merdu mengalun di sisi barat lampu merah Jalan Juanda Bekasi.

Suara merdu itu berasal dari sekelompok anak muda yang tengah memainkan beragam alat musik yang bernama drum dan angklung. Para pemuda itu menamakan komunitasnya bernama Kaum Angklung. Tidak hanya mengamen di lampu merah, pemuda ini juga menerima panggilan untuk mengisi acara-acara formal seperti pernikahan, khahittan, lamaran, pertunjukkan kesenian dan lain-lain.

Dengan wajah semeringah ketiga pemuda itu tergabung dalam band dan secara beriringan memainkan alat musik yang terdiri atas angklung, satu set drum modifikasi dan gendang yang terbuat dari ember besar bekas yang di lapisi karet di atasnya. Mereka mempunyai bakat yang sangat unik untuk memainkan alat-alat musik tradisional tersebut sehingga mampu mengeluarkan suara secara bersamaan dan kompak sampai menjadi suara nada yang sangat indah ketika di dengarkan. Kaum Angklung ini memainkan lagu genre dangdut koplo dan musik-musik Jawa.

Sekedar pengetahuan, angklung yang terbuat dari bambu merupakan alat musik tradisional dari Jawa Barat dan cara memainkannya dengan menggetarkan angklung tersebut atau di goyangkan. Angklung juga mempunyai nada dasar seperti piano yaitu Do, Re, Mi, Fa, Sol, La, Si, Do dan nada rendah lainnya.

Aksi para seniman jalanan itu tampak cukup menguras tenaga karena berpapasan dengan teriknya matahari dan juga mesin-mesin kendaraan di luar yang cukup panas. Tampak pula keringat perlahan-lahan mengucur dari tubuh para pemuda ini. Meski begitu, lagu demi lagu tetap mereka bawakan dengan semangat untuk menghibur pengendara dan para pejalan kaki yang melintas di lampu merah Juanda Bekasi.

Bahkan tak jarang pengunjung meminta lagu kesukaannya untuk di mainkan oleh para pemuda yang sangat jago ini. Tujuan mereka ingin menghibur masyarakat sekitar sambil melestarikan budaya musik angklung yang berasal dari Jawa Barat agar lebih banyak yang mengenalnya. Jika kalian bertemu dengan pengamen musik angklung jalanan seperti mereka jangan segan untuk mengeluarkan uang kalian seikhlasnya karna tidak mudah untuk memainkan alat musik tradisional tersebut sangat membutuhkan latihan yang sangat rajin.

Reporter : Sausan de Ananda

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed