by

GOW Kabupaten Bogor, Persiapkan Desa Binaan

BOGORONLINE.com-BOGOR CIBINONG

Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Bogor berencana meluncurkan program ‘desa binaan’ yang tujuannya untuk memberdayakan peran kaum perempuan di tiap-tiap desa. Nantinya di tiap desa binaan kaum perempuan akan berperan dalam upaya melestarikan lingkungan, kesehatan keluarga dan peran serta dalam berbagai pelaksanaan program pemerintah.

GOW yang menaungi 58 organisasi perempuan nantinya akan menurunkan instruktur atau pembimbing ke setiap desa binaan untuk memberikan pelatihan dan pembekalan materi kepada kaum perempuan desa sehingga mereka siap berkarya dan berperan penting menunjang pembangunan dan kemajuan desa maupun kesejahteraan masyarakat.

“Program desa binaan ini sekarang sedang dikaji konsepnya untuk menentukan pola, mekanisme, materi dan sebagainya. Tapi soal waktu pelaksanaannya tentu kita menunggu, sebab saat ini kita masih dalam pandemi Covid-19,” jelas Ketua Umum GOW Kabupaten Bogor Lilis Hayatun Nafsiah kepada bogoronline.com, Selasa (2/3/2021).

Lilis juga mengemukakan, guna mendukung pelaksanaan ‘desa binaan’ nanti, pihaknya saat ini memulai kegiatan verifikasi organisasi perempuan yang bernaung di bawah GOW. Tujuannya, selain untuk memastikan kelengkapan administrasi organisasi, juga untuk mendorong setiap organisasi melengkapi struktur kepengurusannya.

“Program verifikasi organisasi ini dimulai sejak awal Maret 2021 ini. Dan pengurus GOW melakukan jemput bola mendatangi semua organisasi yang bernaung di bawah GOW. Setelah verifikasi ini beres, kita berlanjut ke program menuju desa binaan,” tutur Lilis yang juga Ketua Wanita Persatuan Pembangunan Kabupaten Bogor.

Menurutnya lagi, dengan struktur pengurus dan administrasi organisasi yang lengkap, maka organisasi tersebut sudah siap menjalankan program internal maupun program eksternal bersama GOW. “Kita ingin semua anggota GOW siap kerja dan berbuat nyata, dan tentunya mampu bersinergi dengan pemerintah maupun pihak lain,” ujarnya.

Ditambahkannya, bahwa sejak kepengurusan GOW periode 2019 – 2024 resmi dilantik Bupati Bogor Hj.Ade Yasin hingga saat ini, sudah banyak kegiatan yang digelar pihaknya. Mulai dari bakti sosial, pendampingan kegiatan organisasi di bawah GOW ke luar daerah, pelatihan dan sebagainya.

“Terakhir kita adakan kegiatan pelatihan publik speaking terhadap para aktivis dan tokoh perempuan di Desa serta sejumlah kegiatan workshop parenting terhadap para ibu agar mampu memberikan pendidikan anak dimasa Pandemi Covid 19 di akhir 2020 lalu,” jelas Lilis.

Dikatakan lebih lanjut, organisasi perempuan dapat berperan besar untuk kemajuan daerah dan masyarakat Kabupaten Bogor. Terlebih saat ini, Kabupaten Bogor dipimpin oleh seorang perempuan tangguh, yakni Bupati Hj.Ade Yasin. Maka itu, kaum perempuan harus lebih pro aktif berperan dan berbuat banyak hal.

“Dan saya sangat bersyukur karena perempuan Kabupaten Bogor pada kenyataannya bisa menujukkan kemampuan dan diperhitungkan. Selain Ibu Ade Yasin sebagai pemimpin daerah, ada empat perempuan yang menjadi kepala desa dan beberapa lain menjabat pejabat utama di Pemkab Bogor,” imbuhnya.

Sinergi Membangun

Lilis pun menegaskan, GOW siap bersinergi dengan seluruh instansi Pemerintah Daerah dan pihak-pihak lain seperti kalangan pengusaha, pelaku UMKM dan lain-lain, untuk bersama-sama melakukan banyak hal dalam upaya membangun Kabupaten Bogor.

“Yaitu melalui Panca Karsa, program strategis Bupati Ade Yasin dalam memimpin serta mensejahterakan masyarakat. Sehingga target daerah termaju, nyaman, dan berkeadaban dapat terwujud sesuai harapan bersama,” imbuh Lilis yang juga politikus PPP ini.

Meski demikian, Lilis mengingatkan kepada kaum perempuan yang aktif di organisasi agar tetap menjalankan kodratnya sebagai ibu rumah tangga yang patuh dan hormat kepada suami serta bertanggungjawab mengurus keluarga di rumah. “Setelah urusan rumah beres, silahkan berorganisasi. Itulah perempuan sejati,” pungkasnya.(rul/cok)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *