by

Aspperwi Bogor: Pemkab Harus Sentuh Objek Usaha Wisata

BOGORONLINE.com-BOGOR CIBINONG

DPW Asosiasi Perjalanan Pariwisata Indonesia (Aspperwi) Bogor Raya mengungkapkan bahwa usaha pariwisata di tanah air, termasuk di Kabupaten Bogor, saat ini sangat terpuruk akibat Pandemi Covid-19. Aspperwi pun berharap Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota Bogor memberikan perhatian dan sentuhan khusus guna membangkitkan kembali ekonomi sektor pariwisata.

Selain kepada pemerintah daerah, Aspperwi juga berharap Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), memberikan solusi untuk membangkitkan kembali dunia pariwisata Indonesia dengan membuat kebijakan serta berbagai terobosan yang dapat menggeliatkan usaha pariwisata di tanah air.

“Para pelaku usaha wisata, termasuk kami di Aspperwi, kondisinya sangat terpuruk. Tentu kita membutuhkan sentuhan dari pemerintah, baik dari pusat maupun di daerah. Seperti memberikan keleluasaan dalam operasional usaha wisata,” kata Ketua DPW Aspperwi Bogor Raya, Ayi Atus Kusman, kepada bogoronline.com, Selasa (2/3/21).

Keleluasaan atau kelonggaran yang dimaksud, jelas Ayi, ialah kebijakan pemerintah dan aturan terkait waktu operasional usaha wisata yang disertai penerapan protokol kesehatan secara ketat. “Selain itu, kita berharap Pemerintah meningkatkan nilai bantuan dan memberikan insentif khusus guna merangsang pelaku usaha wisata,” imbuhnya.

Aspperwi sendiri, tambah Ayi, saat ini terus berupaya menjaga semangat dan terus memotivasi para pelaku usaha wisata. Dan Aspperwi juga mendorong pelaku usaha wisata untuk melakukan kreatifitas dan inovasi usaha yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi pandemi Covid-19.

Sementara itu, Aspperwi Bogor Raya, Senin (1/3) kemarin, mengadakan konsolidasi serta silaturrahmi anggota berbarengan dengan syukuran hari lahir ke 1 Aspperwi DPW Bogor Raya di Rumah Makan Bumi Dieng Wonosobo. Acara ini dihadiri oleh Penasihat Assperwi Bogor Raya Ugi Asrianto, Ketua DPW Bogor Raya Ayi dan jajaran pengurus.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Novie, kegiatan bertema “Bersama Aspperwi Kita Bangkitkan Pariwisata Indonesia” ini, bertujuan untuk menguatkan kebersamaan pengurus dan anggota sekaligus membahas strategi serta kiat menjalankan usaha di tengah pandemi Covid. 

“Termasuk kita sosialisasikan penerapan protokol kesehatan di tempat wisata yang ditetapkan pemerintah melalui Kementerian Kesehatan dan Kemenparekraf,” ujar Opi seraya menambahkan bahwa Aspperwi terus mendukung upaya pemerintah membangkitkan kembali ekonomi sektor pariwisata.

Sebagai informasi, pelaku usaha wisata yang tergabung di Aspperwi adalah pengusaha dan pengelola Biro Travel, Tempat Penginapan, Toko Oleh-Oleh (makanan, souvenir dan asesoris), Pengusaha Transportasi, Pengusaha Tempat/Obyek Wisata.(rul/los)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *