by

Jika Bogor Timur Mekar, Pemkab Bogor Kehilangan 40 Persen PAD Tahunan

 

Bogoronline.com – Bogor Timur (Botim) merupakan wilayah yang memberikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar untuk Kabupaten Bogor setiap tahunnya, setidaknya 40% PAD Kabupaten Bogor berasal dari Botim.

“Bogor Timur ini kalau bicara kabupaten Bogor adalah penyumbang PAD terbesar, hampir 50% PAD Kabupaten Bogor itu berasal dari timur, sekitar 40% kalau dirupiahkan menurut database terakhir 500 miliar lebih,” kata Sekjen Presidium Bogor Timur, Alex Slamet Riadi.

Kendati demikian, pengajuan pemekaran Bogor timur kini tengah diambang final, lantaran sudah dalam bangku Provinsi Jawa Barat untuk kemudian diajukan ke pusat dan menunggu pencabutan moratorium oleh Presiden.

Oleh karenanya, Pemerintah Kabupaten Bogor terancam kehilangan pemberi PAD terbesar jikalau Bogor Timur sudah dicabut moratoriumnya oleh Presiden.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor, Suryanto Putra menyampaikan, persiapan Bogor timur sudah sangat matang untuk dimekarkan menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB).

“Pada prinsipnya semua sudah terpenuhi dari sisi persyaratannya, persetujuan dari seluruh kepala desa juga spudah, perhitungan peta potensi, pendapatan potensi, SDM-nya, hibah dan segala macamnya kan sudah (matang),” kata Suryanto kepada wartawan, Jumat (16/4).

Dia juga mengaku, Bogor Timur merupakan wilayah yang memberikan PAD yang besar bagi Kabupaten Bogor. Meski demikian, pihaknya tidak bisa melarang jika masyarakat Bogor timur ingin melakukan pemekaran.

“Itu termasuk gede di Bogor timur, tapi dengan begitu, kita tinggal berkurang yang kita urus. Kalau hilang Bogor timur kita harus coba mencari kembali potensi-potensi (PAD),” paparnya.

Sebagai tambahan, pemekaran Bogor timur saat ini sedang dalam pengesahan di tingkat provinsi Jawa Barat yang akan ditandatangani oleh DPRD Provinsi dan Gubernur Jawa Barat di rapat paripurna, Jumat (16/4).

Dalam pemekaran Wilayah Bogor timur ini, setidaknya ada 7 kecamatan dan 75 desa yang akan menjadi bagian Kabupaten Bogor Timur nantinya, dan Kecamatan Jonggol sebagai ibukota nya. (Egi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *