by

Disdik Pastikan 44 SMP Siap Gelar PTM Gelombang Pertama

BOGORONLINE.com, Kota Bogor – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor berencana akan menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas dalam waktu dekat atau Senin, 4 Oktober 2021. Sebelum itu, uji coba atau simulasi PTM terbatas dilakukan di tiga Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada Selasa (28/9/2021).

“PTM ini kita harus memulai, saya tidak melihat daerah lain tapi yang jelas persiapan secara teknis, tahapan-tahapan sesuai dengan SKB 4 menteri, salah satu adalah izin orang tua dan sebagainya,” kata Kepala Disdik Kota Bogor, Hanafi disela peninjauan simulasi PTM di SMP PGRI 5 Kota Bogor.

Dijelaskan olehnya, tahapan pertama sekolah-sekolah mengajukan permohonan PTM ke Satgas Covid-19 melalui Disdik. Sebelumnya atau 16-17 September lalu telah dilakukan verifikasi aktual langsung ke sekolah berkenan dengan tahapan-tahapan yang tertuang SKB 4 menteri.

“Kami menggunakan tenaga pengawas dan tenaga kesehatan untuk mengecek syarat-syarat sesuai SKB 4 menteri.”

Lebih lanjut kata Hanafi, ada 50 SMP yang mengajukan permohonan PTM, namun 44 sekolah yang siap dan diajukan untuk persetujuan Satgas Covid-19 Kota Bogor.

“Nah, sebelum itu, kami lakukan uji coba atau simulasi hari ini dengan tiga sekolah yaitu SMP Negeri 5, SMP PGRI 5 dan sekolah boarding school Bintang Pelajar,” lanjutnya.

Pihaknya mengapresiasi sekolah dan peserta didik sudah menjalankan protokol kesehatan dengan baik dan hal ini diharapkan bisa berjalan di semua 44 SMP baik negeri maupun swasta untuk gelombang pertama.

“Ini gelombang pertama dan gelombang kedua PTM ada 28 SMP, semua swasta. Kita juga adakan verifikasi aktual untuk gelombang kedua,” katanya.

Berkaitan hal ini, pihak Disdik juga berkoordinasi dengan pihak KCD untuk SMA sederajat serta Kantor Kemenag selaku pengelola MTS dan MA. Sementara SD, ada 36 sekolah pada gelombang pertama yang kemungkinan dilaksanakan minggu ketiga Oktober. Selang seminggu dilanjutkan SD lainnya hingga semua SD menggelar PTM.

“Tapi (SD) masih kelas 4, 5 dan 6. Kelas 1, 2 dan 3 belum kita rekomendasi, nanti menyesuaikan apabila kondisinya memungkinkan. Kalau PAUD sudah bisa mulai kerena lebih sedikit hanya 5 orang dan berada di lingkungan sekitar. Tapi kami mengimbau orang tua tidak menunggu hanya antar jemput agar tidak ada kerumunan baru,” paparnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, jajaran Polresta Bogor Kota, Dinkes, Satpol PP, KPAI, dewan pendidikan dan komite sekolah serta perwakilan orang tua. Pihaknya berharap betul tahapan-tahapan sesuai SKB 4 menteri dilakukan dan konsisten tidak hanya di konsep saja tetapi pada saat operasional pelaksanaan PTM.

Dari informasi menyebutkan, PTM terbatas tahap pertama akan digelar pada 4 Oktober. Durasi pembelajaran selama 3 jam, mulai pukul 07.30 atau 08.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB, kemudian kapasitas maksimal dibatasi 50 persen dan harus mendapatkan izin dari komite sekolah serta orang tua siswa. (Hrs)

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *