Andri Rahman dan Rodi Kurniadi, Raih Predikat Camat dan Lurah Terbaik se-Kabupaten Bogor Tahun 2024

foto: (Kiri) Camat Jonggol Bogor, Andri Rahman dan (Kanan) Lurah Pabuaran Rodi Kurniadi, saat menunjukkan piagam dan piala Camat serta Lurah Terbaik se-Kabupaten Bogor Tahun 2024.

BOGORONLINE.COM – Camat Jonggol Kabupaten Bogor dan Lurah Pabuaran, Kecamatan Cibinong, raih predikat camat dan lurah terbaik tahun 2024.

Capaian kinerja terbaik kepada kedua pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN) ini, diberikan momentum puncak peringatan Gebyar Hari Jadi Bogor (HJB) ke-542 tahun, yang dilaksanakan di pelataran stadion Pakansari Cibinong, Sabtu (08/6/2024).

Camat Jonggol, Andri Rahman mengaku, sangat senang dan bangga dengan pencapaian dirinya bersama jajaran hingga warga masyarakat kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor.

“Dari sekian piagam penghargaan yang diperoleh Kecamatan Jonggol sejak tahun 2021, Piagam Penghargaan Camat Terbaik ini lah yang saya sangat banggakan,” kata Camat Andri Rahman, kepada wartawan saat dilokasi acara.

Menurutnya, predikat Camat terbaik yang diterimanya itu merupakan hasil seleksi dari 40 Camat se-kabupaten Bogor, diseleksi kembali menjadi 16, hingga delapan (8) besar, lanjutkan menjadi tiga (3) besar dan, pada akhirnya hasil dari penseleksian menjadi yang terbaik.

“Yang diseleksi oleh tim penilaian, yaitu dari seluruh aktifitas kegiatan di Kecamatan. Dari mulai aspek Pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan, sosial, kemudian penggunaan anggaran, pelayanan publik, serta posisi terkait upaya bersama dari Kecamatan dalam pembinaan ke desa-desa di wilayahnya masing-masing,” katanya.

Andri menerangkan, dari seluruh penilaian rangkain tersebut, adapula penilaian yang diberikan oleh stakeholder terkait dengan kinerja jabatan Camatnya.

Dan disitu juga, sambung dia, aspek penilaian pun dilakukan dari kalangan masyarakat di masing-masing Kecamatan, mengenai kinerja dari roda Pemerintahan tingkat Kecamatan yang dirasa baik atau tidak.

“Jadi dalam penilaian itu pun, diberikan secara murni karena tidak ada pemaksaan saat pemberian nilai dalam perolehan kategori Camat terbaik se-kabupaten Bogor,” ungkap Andri.

Pria mantan Sekretaris Camat Cibinong ini melanjutkan, bila sebelumnya pun Kecamatan Jonggol telah meraih predikat terbaik tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) dengan mewakili Kabupaten Bogor pada tahun 2022, dan juga beberapa agenda kegiatan yang menjadi penilaiannya. Diantaranya, Inovasi pelayanan yang diberikan kepada masyarakat Jonggol khususnya.

“Jadi Kecamatan Jonggol memiliki dua pelayanan kepada masyarakat, yang pertama adalah tetap melaksanakan kegiatan kelapangan, seperti mendekati masyarakat yang namanya sistem informasi pelayanan seluruh administrasi di Desa sehari. Dan ada juga rencana kita, mau ada launching (Lanjutan, red) di tahun 2024-2025 Sipa Ojol (Sistem Informasi Pelayanan Online Kecamatan Jonggol),” jelas Camat Andri.

“Kenapa ada pelayanan online di Kecamatan Jonggol, karena di Kecamatan Jonggol ada perumahan Citra Indah City diantaranya. Sehingga kita memerlukan posisinya untuk memberikan pelayanan terbaik, karena warga Perumahan tersebut umumnya susah untuk datang ke desa dan kecamatan, oleh karena itu kita berikan kemudahan kepada mereka bahwa warga perumahan bisa dilayani secara online,” tambahnya.

Terpisah, Lurah Pabuaran Kecamatan Cibinong, Rodi Kurniadi menyampaikan rasa syukurnya dengan perolehan dan predikat Lurah terbaik se-kabupaten Bogor tahun 2024.

“Syukur alhamdulillah, dengan raihan ini saya merasa bangga karena hasil kerja dari staf kelurahan Pabuaran bersama masyarakatnya berbuah manis,” ucap Lurah Rodi.

Ia juga menjelaskan, bila raihan yang diperolehnya ini tidak terlepas dari dukungan warga masyarakat Kelurahan yang dikomandoinya itu, baik dari lingkungan, staf kelurahan hingga anggota PKK Kelurahan Pabuaran Kecamatan Cibinong.

“Dan juga pak Camat Cibinong yakni bapak Acep Sajidin, yang sudah mendorong kami untuk bagaimana suatu Lurah yang harus bekerja bisa bersinergi dengan warga masyarakat. Dan juga, ini adalah piagam penghargaan pertama bagi kami, serta ini juga sebagai bagian dari prestasi di Kelurahan Pabuaran,” pungkasnya.

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *