Alarm Mobil Bunyi Sendiri, Ini Sebabnya

bogorOnline.com
Disadur dari salah satu media online nasional sebagian dari anda pasti pernah mengalami gangguan saat parkir mobil, yakni alarm kendaraan sering berbunyi sendiri meski tidak ada pemicu di sekitar kendaraan. Sebenarnya, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan alarm kendaraan berbunyi sendiri, namun penyebab yang paling utama adalah karena sensitivitas getar.

Penyebab lain yang patut dicurigai adalah karena sensor pintu atau saklar lampu pintu yang tidak berfungsi maksimal. Bisa juga karena pintu mobil Anda dibuka secara paksa tanpa menggunakan remote control yang tentunya langsung memicu alarm tersebut.

Sensor getar alarm yang terpasang di dalam mobil Anda berfungsi untuk mengaktifkan alarm ketika terdeteksi getaran di sekitar mobil. Tidak peduli dari mana getaran tersebut berasal, entah dari jarak dekat maupun dari jarak puluhan meter.

Misalnya saja ketika ada mobil yang melaju kencang melewati mobil yang terparkir, sensor getar akan secara otomatis mendeteksi getaran tersebut dan mengaktifkan alarm. Hal ini pun sebenarnya bisa dipengaruhi oleh pengaturan kepekaan sensor getar yang menangkap getaran atau frekuensi rendah.

Pada modul remote yang telah dilengkapi dengan sensor getar, biasanya dilengkapi dengan bagian untuk mengatur kepekaan dari sensor getar itu sendiri. Masalah biasanya muncul ketika mobil yang sudah diatur sensor getarnya secara minimal namun tingkat kepekaannya tidak berubah.(rul)