DKKB Dorong Kesenian Lebih Berkualitas

CIBINONG- bogoronline.com – Dewan Kesenian Kabupaten Bogor (DKKB) mengajak dan mendorong para seniman serta budayawan di seluruh Kabupaten Bogor untuk senantiasa mengembangkan kesenian agar lebih berkualitas. Seniman dan Budayawan bisa menggunakan sarana dan prasarana sebagai fasilitas dalam mengembangkan kegiatan kesenian di Kabupaten Bogor. Hal tersebut dikatakan Ketua DKKB, Erwin Suriana, Selasa (9/2).

“Dalam rangka pengembangan kesenian di Kabupaten Bogor agar lebih berkualitas, maka Dewan Kesenian Kabupaten Bogor (DKKB) mendorong setiap pelaku seni, baik yang ada di lembaga pendidikan formal maupun informal, serta sanggar-sanggar seni yang tersebar di berbagai kecamatan untuk melakukan berbagai kegiatan dan pengembangan kapasitas sumber daya manusia bagi para pelaku seni”, terang Erwin..

Pengembangan kualitas dan kapasitas, lanjut Erwin, bisa dilakukan melalui berbagai pelatihan, lokakarya, seminar, sarasehan, kemudian festival seni dan budaya. Oleh karena itu, untuk tahun 2016 ini kita mendorong para pelaku seni memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada termasuk gedung kesenian Kabupaten Bogor sebagai pusat pelatihan dan pengembangan seni serta sebagai gedung pertunjukan kesenian.Dengan demikian, diharapkan gedung kesenian ini akan banyak diisi berbagai kegiatan oleh para seniman dan budayawan sehingga bisa lebih ramai dan terlihat manfaatnya.

Untuk memajukan kesenian di Kabupaten Bogor tentunya tidak hanya peran masyarakat seperti seniman dan budayawan yang diperlukan. Kerjasama antara DKKB dengan lembaga terkait juga sangat menentukan arah kemajuan. Tentang hal ini menurut Erwin, DKKB tentunya sangat mendukung berbagai program dan kebijakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (DISBUDPAR) Kabupaten Bogor dalam pengembangan seni dan budaya sebagai salah satu faktor pendukung kepariwisataan di Kabupaten Bogor.

“Karena itu, kemitran yang dilakukan baik oleh Disbudpar, Dewan Kesenian, PD Sayaga Wisata dan Badan Promosi Wisata Daerah akan terjalin sinergis guna mendorong sektor pariwisata menyumbangkan kontribusi terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Saat ini DKKB bekerjasama dengan Disbudpar berupaya untuk menginfentarisir dan mengidentifikasi kesesenian yang sudah punah atau yang hampir punah untuk direkontruksi kembali agar sejarah seni Kabupaten Bogor tetap terdokumentasikan dengan baik”, papar Erwin. (ald/Kominfo)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.