Destinasi Ciomas Rawan Konflik

Cariu, Bogoronline.com-Wisata alam di Sungai Ciomas yang saat ini sedang booming, rawan menimbulkan konflik horisontal. Pasalnya, sungai Ciomas yang memisahkan dua kabupaten yakni Karawang dan Bogor saling mengklaim.

Salahsatu destinasi yang menjadi primadona Sungai Ciomas saat ini adalah Leuwi Tonjong yang mirip Green Canyon Tasikmalaya diklaim Karawang sebagai wilayahnya..

Selain saling mengklaim wilayah, rencana Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengucurkan dana untuk pembangunan Leuwi Tonjong melalui Pemkab Karawang sebesar Rp 10 miliar menjadi salahsatu indikasi pemicu terjadinya konflik.

“Bertepatan hari libur, Hari ini pengunjung ramai. Warga sebelah (Karawang-red) melarang kendaraan masuk ke wilayah bogor memarkir kendaraannya. Karena tidak terima, kami mendatangi petugas parkir untuk mencari jalan terbaik. Untung cepat didamaikan oleh tetuah kampung,” kata salahsatu petugas pengelola Asep Epe kepada bogoronline, Rabu (9/3).

Menurut dia, dengan saling mengklaim wilayah, warga justru menjadi tidak tentram. Apalagi, warga kedua kampung, Tonjong Satu Bogor dan Tonjong Roke Karawang masih banyak yang mempunyai hubungan keluarga.

“Ini tidak bisa dibiarkan, karena dapat mengganggu persaudaraan antar warga kedua kampung. Saya berharap, pemerintah provinsi jawa barat dapat bertindak bijak dalam menyelesaikan masalah ini” pengkas Asep. (Yusuf).

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *