by

Dinas ESDM Jadi Dibubarkan

Cibinong – Pembubaran Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (DESDM), sepertinya tinggal menunggu waktu. Pemerintah Kabupaten Bogor sudah menerima surat dari Pemprov Jawa Barat, terkait rencana pembubaran dinas yang dipimpin Ridwan Syamsudin itu.

Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) kini sedang menginventarisir dan memilah-milah mana pegawai yang memiliki latar belakang pendidikan pertambangan dari 140 pegawai yang ada.

“Kami masih menginventarisir semuanya. Tapi, yang punya latar belakang ilmu pertambangan, kemungkinan diambil jadi pegawai Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat. Surat peleburan itu memang sudah kami terima,” kata Kepala BKPP, Dadang Irfan.

Dadang menambahkan, pihaknya akan menjembatani pegawai yang kemungkinan besar luntang-lantung, lantaran tidak memiliki latar belakang pendidikan pertambangan, untuk masuk ke Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lain, sesuai dengan golongan dan pendidikannya.

“Kalau yang tidak diambil Pemprov Jabar, kami akan jembatani mereka. Intinya, tetap sebagai pegawai pemkab,” katanya.

Sejak adanya UU 23 Tahun 2014 itu, kewenangan perizinan pertambangan Kabupaten Bogor diproses di UPTD Wilayah I Cianjur yang mencakup Kabupaten Cianjur, Sukabumi, Kota Sukabumi, Kabupaten/Kota Bogor dan Kota Depok.

Wakil Gubernur Jawa Barat Dedy Mizwar, saat berada di Cibinong membenarkan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan membentuk UPTD Pertambangan, yang akan menjadi kepanjangan dari Dinas Pertambangan Provinsi Jabar.

“Pegawai ESDM yang memiliki pengetahuan soal ilmu tambang akan kita tarik, mereka akan kita tugasnya sebagai pengawas pertambangan,” jelasnya.

Deddy menjelaskan, selain pegawai yang memahami masalah pertambanga, UPTD nantinya juga akan diisi orang-orang yang mengerti soal lingkungan dan hukum.

“Nantinya UPTD itu ada orang pertambangan dan orang yang memiliki latar belakang atau disiplin ilmu soal lingkungan hidup dan hukum, karena tugasnya melakukan penegakan hukum kepada para pengusaha tambang yang melakukan pelanggaran,” tegasnya. (zah)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed