Hadapi MEA Pemkab Bogor Gencar Pasarkan Produk UMKM Hingga Bangun Koperasi Galeri Jajanan Sekolah Sehat

BABAKANMADANG- bogoronline.com – Untuk mempersiapkan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan mensosialisasikan peran koperasi sejak dini, Pemerintah Kabupaten Bogor dalam hal ini Dinas Koperasi Koperasi Industri dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Bogor, terus bekerja keras menumbuhkan kembangkan produk Usaha Makro Kecil Menengah (UMKM) melalui Koperasi Sinergi Nusantara berbasis pemasaran, serta membangun koperasi jajanan sekolah sehat disejumlah sekolah di Kabupaten Bogor, hal itu disampaikan melalui kegiatan Sosialisasi Koperasi, Di Babakanmadang Kabupaten Bogor, Rabu (30/3).

Kabid Koperasi Diskoperindag Kabupaten Bogor, Linda mengatakan, besarnya jumlah UMKM di Kabupaten Bogor dengan produk yang beraneka ragam hal ini merupakan peluang dan potensi yang sangat besar, untuk mengangkat perekonomian masyarakat dan wilayah itu sendiri. Akan tetapi kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang profosional dalam melakukan pemasaran, ini akan menjadi kendala ketika menghadapi MEA.

“Sebetulnya peran koperasi ini sangat besar tidak hanya melulu di kegiatan simpan pinjam saja, dan persepsi ini harus diluruskan. Koperasi juga memiliki peran sangat penting dalam melakukan pemasaran salah satunya Koperasi Sinergi Nusantara, yang sengaja dibentuk untuk menjadi wadah dalam memasarkan seluruh produk UMKM khususnya di Kabupaten Bogor ini, dengan target mampu mengangkat berbagai produk UMKM yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tutur Linda.

Katanya menambahkan, untuk lebih mengenalkan koperasi kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Bogor, diera MEA peran koperasi ini sangat penting untuk bisa bersaing dan menghadapi persaingan dengan produk dunia. Untuk itu, koperasi perlu diperkenalkan sejak dini.

“Melalui Koperasi Sinergi Nusantara (KSN) ini, juga kami berencana membuat koperasi jajanan sekolah sehat di seluruh sekolah di Kabupaten Bogor. Tujuannya agar generasi kedepan bisa paham mengenai koperasi, terbebas dari berbagai jajanan yang tidak sehat, serta bisa memperkenalkan berbagai produk UMKM Kabupaten Bogor, kepada seluruh masyarakat. Sehingga produk-produk kita bisa tetap bertahan bahkan berkembang pesat dan mampu bersaing di MEA,” Katanya.

Sementara itu, Ketua Umum KSN, Tony Suhendra menuturkan, KSN ini khusus untuk pemasaran berbagai produk UMKM di Kabupaten Bogor, dimana di tiga provinsi akan dibangun galeri UMKM khusus di Kabupaten Bogor yakni di Victoria Sentul Babakan Madang, di Karawang dan Sukabumi. Tujuannya agar produk UMKM Kabupaten Bogor ini bisa dikenal masyarakat luas dan menghidupkan UMKM di Kabupaten Bogor berkembang lebih maju kedepannya.

“Konsep di KSN ini lebih pada pengembangan usaha dan UMKM, sharing produk, dan sosialisai keseluruh sekolah di Kabupaten Bogor melalui galeri koperasi jajanan sekolah sehat. Kami sudah bentuk melalui anggota KSN yang saat ini baru tersebar di 20 Kecamatan di Kabupaten Bogor, ini terobosan baru dan kami berharap melalui ini pemasaran produk bisa optimal,” katanya.

Ia juga berharap dengan KSN peran koperasi bisa lebih optimal dalam membawa perubahan yang signifikan bagi peningkatan perekonomian masyarakat, serta mampu mengangkat UMKM Kabupaten Bogor baik nasional maupun internasional. (BO/Diskominfo Kabupaten Bogor)


TAG