by

Ilmuwan Gali Bekas Meteor Pemusnah Dinosaurus, Ada Apa

bogorOnline.com

Seperti dilansir pada salah satu media online nasional, para ilmuwan berencana untuk menggali kawah bekas tumbukan meteor raksasa pemusnah dinosaurus di Meksiko. Seperti apa.

Ilmuwan berencana untuk menggali kawah bekas tumbukan meteor raksasa pemusnah dinosaurus di Chicxulub, Meksiko. Di lokasi tersebut diperkirakan telah terjadi tumbukan meteor ukuran masif yang menabrak Bumi sekitar 66 juta tahun yang lalu. Akibat tumbukan tersebut, separuh kehidupan di Bumi musnah, termasuk mahkluk hidup ‘penguasa’ saat itu.

Lokasi tersebut diperkirakan berisi banyak sekali kandungan, mengingat usianya yang sudah sangat tua. Namun, industri perminyakan telah mengklaim wilayah tersebut sejak puluhan tahun yang lalu, sehingga mencegah para ilmuwan untuk bisa mengambil sampel dari wilayah tersebut.

Untungnya, sekelompok ahli geofisika yang dipimpin oleh Sean Gulick dan Joanna Morgan, berhasil menghasilkan dana sebesar US$10 juta pada tahun 2015, yang memungkinkan untuk menggali di wilayah tersebut.

Jika semuanya lancar, maka pada 1 April para ilmuwan akan mulai menggali situs tersebut, sehingga bisa menguak apa yang terjadi 66 juta tahun ke belakang.(rul)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed