Kosmetik Abal – Abal Marak Beredar di Bogor

Bogor-bogoronline.com- Dugaan beredarnya kosmetik kecantikan merk Cream Turbo di Kabupaten Bogor yang tak memiliki ijin, selain menjadi perhatian serius Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), juga menjadi sorotan tajam Lembaga Konsumen Indonesia (LKI) Kabupaten Bogor).

Ketua LKI Kabupaten Bogor Tatang menilai, sudah beredarnya produk kecantikan merk Cream Turbo dan diduga belum memiliki ijin itu, sudah menyalahi aturan.

Pasalnya kata Tatang, produk yang sudah beredar dipasaran, harus melalui uji laboratorium. “Seharusnya sudah memenuhi syarat label, melalui BPOM layak uji edar, kalau tidak berarti ilegal karena sudah dipasarkan kemasyarakat, karena mereka harus bisa membuktikan secara komposisi,dan belum berhak diedarkan,”ujar Tatang.

Sebagai lembaga resmi tambah Tatang, LKI bisa mengupayakan proses hukum dengan pelaporan ke pihak kepolisian karena bertentangan dengan UU Perlindungan Konsumen Pasal 8 ayat 1 Tahun 1999.

“Jika terbukti bisa dikenakan sanksi pidana dengan ancaman pidana 5 tahun penjara serta denda 2 milyar,”pungkasnya. (adi)