by

PERLUNYA INOVASI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PELAYANAN PADA PDAM TIRTA KAHURIPAN KABUPATEN BOGOR

Cibinong – bogoronline.com – Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor merupakan perusahaan milik Daerah yang bergerak di bidang pelayanan pelanggan dalam air minum. H. Hadi Mulya Asmat, SH., MM, selaku Direktur Utama PDAM Tirta Kahuripan menjelaskan akan tetap mengoptimalkan kinerja perusahaan dan memaksimalkan kepuasan pelanggan dimana sesuai dengan motto kami yaitu “unggul dalam pelayanan”. Dan sebelum melihat kedepan mari kita kilas balik dengan mereview kinerja dan prestasi PDAM Tirta Kahuripan yang tercapai di tahun 2015 kemarin.
Pada bulan April lalu PDAM Tirta Kahuripan mendapatkan penghargaan Perpamsi Award 2015 dari Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia, Hadi menuturkan penghargaan ini diberikan karena kinerja dan pelayanan air minum dan sanitasi (air limbah) yang dikelolanya cukup baik. Maka dalam hal ini kiprah PDAM Tirta Kahuripan sudah diberikan kepercayaan untuk melayani konsumen. Demi kenyamanan pelanggan dan efiesien petugas pembaca meter, PDAM Tirta Kahuripan mengaplikasikan inovasi yang sudah ada berupa MMR (mobile meter reading). Yang dimana pembacaan meter dilakukan dengan menggunakan gadget yang terhubung langsung dengan server di kantor pusat. MMR memiliki fungsi agar ketepatan dalam pembacaan meter pelanggan akurat dan tidak dapat dimanipulasi datanya.
Hadi Mulya Asmat menjelaskan PDAM Tirta Kahuripan saat ini sudah mengembangkan program yang ada di tahun 2014 dengan meningkatkan kapasitas pengolahan air di Instalasi Pengolahan Air Cibinong dari 200 l/detik menjadi 550 l/detik guna mengoptimalisasi pelayanan air bersih di wilayah Kabupaten Bogor dengan program berjalan di tahun 2015. Untuk optimalisasi pelayanan di wilayah Timur Kabupaten Bogor, PDAM Tirta Kahuripan membangun Water Treatment Plan (WTP) 50 liter di wilayah Gunung Putri Kabupaten Bogor, hal ini untuk mengatasi permasalahan air bersih di wilayah Cileungsi, Gn Putri, dan Jonggol, yang berhasil diselesaikan pada akhir tahun 2015.
Pada bulan September 2015 kemarin ada penyerahan sebagian aset milik PDAM Tirta Kahuripan Kab. Bogor di Wilayah Kota Depok kepada PDAM Tirta Asasta Kota Depok. Bersama pelepasan tersebut, PDAM Tirta Kahuripan kehilangan kurang lebih 43 ribu pelanggan. Sehingga saat ini PDAM Tirta Kahuripan memiliki kurang lebih 133.335 pelanggan, dengan adanya kejadian ini PDAM Tirta Kahuripan akan terus meningkatkan jumlah pelanggannya dengan cara penyampaian informasi pemasangan melalui media cetak maupun elektronik, Imbuh Hadi. Dengan adanya peningkatan pelayanan yang maksimal, PDAM Tirta Kahuripan pada tahun 2015 mencapai laba dengan besaran Rp 59.116.744.352,-.
Pada tanggal 22 Maret 2016 yang bertepatan dengan Hari Air Sedunia, PDAM Tirta Kahuripan dengan Direktur Utama Bapak Hadi Mulya Asmat, menghimbau para pelanggan dan juga masyarakat untuk bijak dalam pemakaian air bersih. Untuk itu, diperlukan kesadaran semua pihak akan pentingnya menjaga kualitas dan kuantitas air dalam menunjang kehidupan di muka bumi ini. (die)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed