Warga Peringatkan Gumati dan Cimory Sebelum Jatuh Korban

Ciawi – bogoronline.com-Antisipasi mengenai bahaya longsor sejak dini ditunjukan warga dengan memperingatkan pihak manajemen Bukit Gumati Batu Tulis Cafe & Resto terkait ancaman longsor.

Bahkan, tanda retakan muncul satu bulan sebelum longsor menyeret satu kendaraan dan menimbun 6 rumah warga di RT2 RW 8 Kelurahan Lawang Gintung, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Longsor terjadi sekira pukul 16.00 WIB, Sabtu 12 Mei 2016.

“Warga yang merasa khawatir sempat meminta pihak manajemen Gumati segera mengambil tindakan, tapi tidak langsung ditindaklanjuti,” kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor Ganjar Gunawan, kemarin malam.

Kekhawatiran warga terbukti, tebing setinggi 5 meter dan panjang 26 meter longsor yang berada di area rumah makan Bukit Gumati Batu Tulis Cafe & Resto longsor.

Sebuah mobil sedan yang tengah parkir di rumah makan Gumati pun ikut terbawa material longsor hingga menimpa 6 bangunan rumah di bawahnya. Peristiwa itu, satu orang bernama Aryane (14) mengalami luka ringan akibat tertimpa reruntuhan material bangunan.

“Alasan pihak manajemen belum mengambil tindakan antisipasi longsor karena ada mekanismenya. Harus lapor ke atasan, kemudian atasan lapor ke pemilik,” ujar Ganjar.

Ancaman bahaya longsor dan air bah juga mengancam restauran Cimory Puncak Bogor. Pasalnya keberadaan Cimory telah menyalahi garis sepadan sungai, sehingga selain menyalahi aturan juga membahayakan pengunjung jika sewaktu-waktu air meluap serta rentan terkena longsor karena lokasinya yang tepet dibibir sungai.

“Seharusnya Satpol PP sudah harus menindak dengan menyegel atau menutup usaha yang menyalahi aturan tersebut,” ungkap ketua FMB Rahmatullah.

Selain itu kata dia, mandulnya hukum di Bumi Tegar Beriman, akan menjadi contoh bagi pelanggar peraturan yang lainnya. “Ini juga akan menjadi preseden buruk bagi penegak hukum, serta contoh buruk kinerja pemerintah daerah yang katanya mau menjadi kabupaten termaju di Indonesia,” ujarnya.

Seperti diketahui, restauran Cimory yang terletak di jalan raya puncak KM 76 Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor berdiri tepat dibibir sungai Ciliwung, dikhawatirkan restauran dengan menu berbagai minuman dari susu tersebut juga terjadi longsor seperti yang terjadi pada Bukit Gumati Batu Tulis Cafe & Resto. (adi)