Pasir Gaok Dijatah 8 Ton Raskin

Rancabungur – bogoronline.com – Pemerintah Desa Pasir Gaok, Kecamatan Rancabungur, tiap bulannya mendapatkan sedikitnya delapan ton raskin, yang didistribusikan kepada ratusan kepala keluarga yang masuk katagori kurang mampu.

“Alhamudulilah selama di pimpin Pak Sarifudin, jatah raskin selalu sampai tiap bulannya alias tak pernah terlambat,” kata seorang warga  bernama Lina, Senin (04/04).

Kepala Desa Pasir Gaok Sarifudin berharap, kedepannya ada penambahan kuota penerima, hal ini disebabkan setiap bulannya jumlah warga miskin di desanya terus bertambah, “Pemerintah desa sudah mengusulkan ke kecamatan, agar kuota raskin Pasir Gaok ditambah lah, karena jatah yang sekarang sebanyak delapan ton tak mencukupi, jika dibagi sesuai aturan yakni masik KK miskin 15 kilogram,” terangnya.

Banyaknya warga miskin yang tak masuk kuota penerima raskin memang menjadi masalah, Pemerintah Kabupaten Bogor telah meminta penambahan jumlah penerima kepada Kementerian Sosial.

“Dalam aturan setiap warga miskin menerima jatah seberat 15 kilogram, tapi dalam praktiknya ketentuan itu tak sepenuhnya bisa diterapkan, lantaran  jatah raskin untuk Kabupaten Bogor mengacu pada data BPS,” kata Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekertariat Daerah Roy. E. Khaerudin.

Menurut Roy, data penerima raskin mengacu pada data yang dikeluarkan Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertran) jumlahnya mencapai 196.028 rumah tangga sasaran (RTS), sementara data versi BPS hanya 155.894.

“Ada selisih sekitar 40.134, kami sudah mengupayakan kepada Kementerian Sosial, agar jatah raskin untuk Kabupaten Bogor disesuaikan dengan data yang kami ajukan,” ujarnya. (zah)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.