Malam Ini, Liverpool Akan Menjamu Villarreal Semifinal Europa League

bogorOnline.com
Diambil darin salah satu media online nasional, pertandingan semifinal kedua Europa League, antara Liverpool melawan Villarreal, Kamis (5/5/16) bakal berlangsung sangat berbeda. Setelah kalah 0-1 di pertemuan pertama, The Reds akan menurunkan susunan pemain terkuatnya saat menjamu Kapal Selam Kuning di Anfield.

Setelah melakukan rotasi dan harus ditekuk Swansea City di Premier League akhir pekan lalu, The Reds akan tampil berbeda pada pertandingan nanti. Emre Can diperkirakan bisa kembali dimainkan setelah kembali berlatih pada awal pekan ini setelah absen selama 18 hari karena cedera.

Sayangnya Liverpool tak bisa menurunkan Mamadou Sakho setelah gagal dalam tes obat-obatan. Saat ini kasus Sakho masih diselidiki UEFA dan bek Prancis itu tak bisa merumput setelah terkena sanksi larangan bermain selama 30 hari.

Brad Smith yang dikartumerah saat pertandingan melawan Swansea bisa kembali bermain karena skorsing tersebut tidak berlaku dalam kompetisi Europa League. Sementara itu Daniel Sturridge bisa menjadi alternatif lain di lini depan The Reds setelah tak diturunkan di leg pertama.

Villarreal sendiri melakukan perubahan komposisi saat bermain di La Liga dan sukses mengemas kemenangan 2-0 saat bertandang di markas Valencia. Mateo Musacchio tampil untuk pertama kalinya usai absen selama lebih dari dua bulan dan bakal jadi andalan pelatih Marcelino setelah Eric Bailly dalam kondisi yang meragukan.

Bertandang ke Anfield, Villarreal memiliki keunggulan setelah menang 1-0 di kandang sendiri. Kapal Selam Kuning memiliki modal lain yaitu tak pernah kebobolan dalam tiga pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi.

Kemenangan atas Liverpool di leg pertama juga menjadi catatan tersendiri bagi Villarreal karena itu adalah pertama kalinya mereka sukses mengalahkan tim asal Inggris dalam 11 kali percobaan.

Tampil di kandang menjadi keuntungan bagi Liverpool. Tapi ada sedikit catatan bagi The Reds karena mereka hanya berhasil empat kali menang dari 15 pertandingan saat menjamu tim dari Spanyol. The Reds juga dua kali kalah beruntun menjelang laga krusial ini – pertama kalinya sejak Agustus-September lalu.

Meski begitu Liverpool tak pernah kalah di Anfield sejak Januari lalu dan telah mencetak empat gol dalam tiga dari empat laga kandang terakhir di semua kompetisi. The Reds harus membalikkan defisit 0-1 yang mereka derita di Stadion El Madrigal.

Villarreal sebaliknya cukup menahan imbang Liverpool guna melaju ke final.

Kedua tim sama-sama optimis bakal mampu melaju ke partai puncak Europa League, seperti ditegaskan oleh Klopp serta Marcelino.

“Jika kami bermain sebaik mungkin, maka kami bisa menembus final. Para pemain ini memberikan saya sinyal positif mengenai kualitas mereka. Kami sudah siap. Apa yang sudah kami lakukan sejak Oktober adalah untuk menyiapkan diri menghadapi pertandingan seperti ini,” tegas Klopp.

Sementara itu Marcelino menandaskan timnya bakal memberikan segalanya pada pertandingan nanti.
“Kami datang ke sini penuh dengan harapan. Kami akan memberikan semua yang kami miliki dan menikmati pertandingan. Kami memiliki kemampuan untuk mencapai partai final,” tandas Marcelino.(rul)