by

Mendagri:Tidak Ada Pencabutan Perda Miras

bogorOnline.com
Diambil dari salah satu media online nasional, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memastikan tidak ada pencabutan peraturan daerah (Perda) yang mengatur mengenai minuman keras (miras).

Justru Tjahjo Kumolo memerintahkan seluruh pemerintah daerah (pemda) untuk memperkuat aturan soal pengendalian dan pengawasan minuman beralkohol/miras.

“Kami justru mendorong daerah konsisten membentuk perda miras. Kami sudah bikin instruksi untuk mengatur pengamanan, peredaran dan pencegahan miras. Terkait juga bagaimana home industri ini. Harus tegas,” kata Mendagri Tjahjo.

Dalam hal ini, bukan hanya miras impor atau produk dalam negeri yang telah memiliki izin, namun juga miras oplosan yang berasal dari produksi rumahan.

Tjahjo mengatakan, harus ada ketegasan dari daerah, bagaimana mengatur peredaran minuman tersebut, sampai pengadaannya.

Misal, peredaran miras hanya boleh di hotel berbintang, dan penjualannya hanya boleh kepada turis asing, tidak sembarang orang bisa mendapatkan miras.

Apalagi untuk miras jenis oplosan yang selama ini dianggap sebagai sumber kriminalitas, bahkan sampai mengakibatkan korban tewas.(rul)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed