by

RSUD Kelima Dibangun di Parung

Parung – bogoronline.com – Warga Kabupaten Bogor yang tinggal dibagian utara, nantinya tak perlu lagi berobat ke sejumlah rumah sakit di Kota Bogor maupun Depok. Pasalnya, tahun 2016 ini Pemerintah Kabupaten Bogor, merencanakan pembelian lahan yang akan dijadikan rumah sakit umum daerah (RSUD).

 

Rencananya RSUD kelima yang akan dibangun Bupati Nurhayanti berlokasi di Kecamatan Parung. Gara-gara itu, Camat Daswara Sulandjana pun dibuat sibuk, mencari lahan yang pas untuk pembangunan RSUD.

 

“Ada sekitar lima lokasi yang sudah kita tetapkan, namun lahan mana yang dipilih, terserah tim yang akan melakukan pengkajian, tugas kecamatan hanya menyiapkan beberapa lahan saja,” kata Daswara.

 

Daswara mengatakan, keberadaan RSUD di wilayah utara Kabupaten Bogor merupakan kebutuhan mendesak. Hal ini mengingat jumlah penduduk di wilayah utara kian bertambah.

 

“Sebagai catatan penduduk Parung saja sudah mencapai 100 ribu jiwa, belum ditambah dengan Gunung Sindur, Ciseeng, Kemang dan Rumpin,” ujarnya.

 

Kepala Desa Iwul Nasim Setiawan mengatakan, di wilayahnya ada satu lokasi yang cocok untuk dibangun RSUD. “Luas areal yang tersedia sekitar tiga hektaran, jaraknya hanya 100 meter dari jalan raya provinsi,” jelasnya.

 

Bupati Nurhayanti, sebelumnya pernah mengatakan, setelah lahan yang dibutuhkan dibebaskan, Pemerintah Kabupaten Bogor akan minta bantuan anggaran ke Kementerian Kesehatan, untuk pembangunan pisik rumah sakit. “Kalau mengandalkan APBD kan terbatas, makanya satu-satunya jalan harus minta bantuan kepemerintah pusat,” katanya.

 

Disinggung mengenai target, Bupati yang hingga saat ini masih menjalankan pemerintahan seorang diri mengatakan, tahun 2018 mendatang RSUD di wilayah utara telah berdiri. “Itu target yang kita rencanakanya, mudah-mudahan sih sebelum tahun 2018, RSUD tersebut telah terbangun dan beroperasi,” pungkasnya. (Zah)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed