50 Anggota DPRD akan Dapat THR

Cibinong – bogoronline.com – 50 anggota DPRD Kabupaten Bogor, pada Idul Fitri tahun 2016 ini, tak perlu lagi pusing nyari pinjaman untuk keperluan menyambut datangnya hari kemenangan itu. Pasalnya, pada tahun ini, Pemerintah Kabupaten Bogor sudah berbaik hati dengan memberinya uang Tunjangan Hari Raya (THR).

“Ini sejarah, karena baru pertama kali, anggota DPRD mendapatkan jatah THR yang anggarannya dialokasikan di APBD, sebab sebelumnya tak pernah,” ungkap seorang anggota DPRD, Selasa (28/06).

Uang THR pemberian Pemerintah Kabupaten Bogor itu, kata sejumlah anggota DPRD lainnya bukannya untuk keperluan pribadi, tapi dipakai membeli paket Idul Fitri yang nantinya dibagikan kepada para kader dan konsituen yang telah memilihnya jadi anggota parlemen.

“Ya minimal, tahun ini kita tidak terlalu pusing untuk memberikan sedikit bantuan kepada kader dan konsituen, karena tahun sebelumnya banyak anggota DPRD terpaksa nyari pinjaman,” ujarnya.

Pemberian THR tersebut sayangnya hanya diberikan kepada PNS dan anggota DPRD saja, sementara bagi pegawai termasuk guru, tenaga medis yang berstatus honorer tidak mendapatkan jatah, alhasil mereka pun terpaksa harus gigit jari.

“Sesuai undang-undang, hanya ASN/PNS yang dapat THR, kalau honorer kan sifatnya tenaga bantuan yang direkrut menjadi pegawai outsourching. Kalau THR tergantung dari kebijakan masing-masing daerah, tentunya disesuaikan dengan kemampuang keuangan,” kata Bupati Nurhayanti.

Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Barang Daerah (DPKBD) Rustandi menjelaskan, uang THR yang akan diberikan kepada 50 anggota DPRD itu nilainya sebesar Rp 5,62 juta atau setara dengan PNS golongan IV yang telah mengabdi selama 32 tahun.

PP tersebut masih kata Rustandi ditindaklanjuti, dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 99/PMK.05/2016, Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Tahun Anggaran 2016 Pada Pimpinan Pegawai dan non-PNS pada lembaga non struktural.

Setiap anggota DPRD kata Rustandi lagi, mendapatkan jatah yang sama, tanpa melihat kedudukan apakah sebagai pimpinan atau pun anggota biasa. “THR ini bagian bentuk perhatian pemerintah pusat karena mereka berkontribusi dalam meningkatnya pembangunan di daerah,” jelasnya.

THR kata Rustandi, diberikan sepekan sebelum Hari Raya Idhul Fitri, sesuai dengan peraturan Menteri Tenaga Kerja nomor 6 tahun 2016.”Seminggu sebelum Hari Raya Idhul Fitri atau tepatnya besok, uang THR ini akan kami transfer ke rekening setiap anggota,” ujarnya.

Dari informasi yang dihimpun Jurnal Bogor, untuk membayar THR bagi 50 anggota DPRD dan pemberian gaji ke 13 bagi sekitar 21 ribu lebih PNS yang bertugas di Kabupaten Bogor, dibutuhkan anggaran sebesar Rp 89 miliar, uang itu diambil dari APBD tahun 2016. (zah)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.