Ciptakakan Kenyamanan Mudik Lebaran, Dinkes Kabupaten Bogor Siapkan 22 Pospam Kesehatan

CIBINONG- bogoronline.com – Guna menciptakan kenyamanan arus mudik dan arus balik lebaran tahun 2016, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor menyiapkan 22 Pos Pengamanan (Pospam) Kesehatan dan 22 ambulans disepanjang jalur mudik lebaran 2016, dengan menerjukan 484 orang personel kesehatan dari seluruh UPT dan UPF se-Kabupaten Bogor. Persiapan terus dilakukan salah satunya dengan kegiatan apel persiapan Pospam pelayanan kesehatan di halaman Dinkes Kabupaten Bogor, Selasa (28/6).

Sekretaris Dinkes Kabupaten Bogor, Erwin Suriana mengatakan, Pospam Kesehatan disiapkan untuk melayani masyarakat atau pemudik yang mengeluh mengenai gangguan kesehatan untuk mengantisipasi berbagai kejadian yang tidak diinginkan, yang akan diberlakukan mulai tanggai 30 Juni hingga 15 Juli 2016, atau H-6 hingga H+9.

“Untuk pembagian personil minimal satu Pospam Kesehatan akan diisi oleh empat orang personil tenaga kesehatan yakni dokter, perawat dan supir. Sementara untuk mobil ambulans sudah kami siapkan sebanyak 22 mobil ambulan yang ditempatkan di 22 Pospam Kesehatan, akan tetapi setiap puskesmas akan ada mobilitas yang siap siaga selama 24 jam,” tegas Erwin.

Ia juga menjelaskan, Pospam pelayanan kesehatan bertujuan untuk menerima keluhan gangguan kesehatan yang dialami para pemudik, khususunya para pemudik bersepeda motor.

“Para petugas medis juga kami tugaskan, selain melayani kesehatan juga diharuskan melakukan sosialisasi dan edukasi kepada para pemudik. Seperti tips mudik yang baik dan benar, apa saja yang harus dibawa dan dipersiapkan sehingga masyarakat bisa mudik dengan nyaman,” katanya.

Untuk lebih mengintensifkan pelayanan kesehatan, katanya pelayanan kesehatan akan disiagakan selama 24 jam dengan membagi tiga sif yakni, sif pertama dari pukul 07.00 hingga pukul 14.00 WIB. Sementara untuk sif dua dari pukul 14.00 hingga pukul 20.00 WIB, sedangkan sif tiga dari pukul 20.00 hingga pukul 08.00 WIB.

“Ini kami lakukan untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan serta mendukung arus mudik dan arus balik lebaran yang aman dan nyaman,” ucapnya.

Sementara itu, perwakilan tenaga medis UPT Puskesmas Kecamatan Ciawi, Ening menuturkan, persiapan telah dilakukan semaksimal mungkin mulai dari personel tenaga kesehatan juga kelengkapan obat-obatan.

“Semua sudah kami siapkan termasuk kondisi fisik tenaga kesehatan yang sehat, kami berharap semua terkendali tidak ada habatan maupun kecelakaan bermotor. Kami juga menghimbau agar para pengendara sepeda motor untuk terus meningkatkan keselamatannya dengan menjaga kondisi kesehatan dan taat aturan lalulintas,” imbuhnya. (BO/Diskominfo Kabupaten Bogor)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.