DPRD Bentuk Raperda Bantuan Hukum untuk Gakin

Cibinong – bogoronline.com – Warga Bumi Tegar Beriman yang masuk katagori keluarga miskin atau kurang mampu, yang tengah menghadapi masalah hukum, sekarang tak  perlu pusing lagi memikirkan penasihat hukum yang mendampinginya saat perkaranya masuk ke Pengadilan, karena dalam waktu dekat ini, Kabupaten Bogor akan memiliki peraturan daerah (Perda) soal bantuan hukum untuk keluarga kurang mampu.

“Raperda yang sedang dalam pembahasan ini murni usulan inisiatif dari DPRD, tujuannya untuk membantu meringankan beban keluarga miskin yang memiliki permasalahan hukum,” kata Ketua Pansus Raperda Bantuan Hukum Rakyat Miskin Usep Saefullah, Jum’at (17/06).

Usep mengatakan, raperda ini dibentuk, untuk menindaklanjuti aturan perundang-undangan yang ada di atas. “Latar belakang pembentukan raperda ini, berangkat dari rasa keprihatinan ketika melihat atau mendengar, ada keluarga miskin yang kesulitan mendapatkan bantuan hukum dari seorang pengacara, akibat ketidakmampuannya membayar jasa pendamping,” ujar politisi PAN ini.

Bantuan hukum yang diterima keluarga miskin ini, khusus untuk kasus pidana atau perdata serta tata usaha negara. “Teknis bantuan yang diberikan kepada keluarga miskin dilakukan melalui Pusat Bantuan Hukum (Pusbakkum) yang ada di Pengadilan Negeri dan di LBH,” jelasnya.

Ketua DPC Peradi Cibinong versi Fauzie Yusuf Hasibuan, Herdiyan Nuryadin mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten Bogor yang akan membentuk Perda Bantuan Hukum Keluarga Miskin. “Kami apresiasi hal ini karena Peradi sendiri sejak lama sudah mengapresiasi pengacara yang membela rakyat miskin melalui Prebono Award,” katanya.

Hal senada dikatak Tutiek Hastika, Ketua DPC Peradi Kabupaten Bogor kubu Luhut MP Pangaribuan. Ia mengusulkan agar pembelaan hukum yang dilakukan Pusbakkum atau LBH dibagi per bidang.

“Ini dikarenakan  perkara itu kan berbeda-beda, seperti hukum pidana saja kan ada pidana umum, pidana anak, pidana KDRT dan lainnya, tujuannya agar pembelaan maksimal, kan masing-masing pengacara ada keahliannya sendiri,” tandasnya. (zah)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.