Jalan Tegar Beriman Jadi TPA

Cibinong – bogoronline.com – Jalan Tegar Beriman, yang menjadi etalase Kabupaten Bogor, dibuat kumuh dengan adanya tumpukan sampah di pinggir jalan milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat itu.

Tumpukan sampah yang menimbulkan bau busuk menyengat hidung yang lokasinya sekitar 25 meter dari sekertariatan  DPD PAN diperkirakan mencapai puluhan meter kubik.

Ironisnya, kendati dikeluhakn warga dan pengguna jalan, Dinas Kebersihan dan Pertamanan, selaku penanggung jawab masalah kebersihan di Kabupaten Bogor, terkesan tidak ada upaya, padahal aksi pembuangan sampah di Jalan Tegar Beriman itu sudah berlangsung lebih dari dua tahun.

“Sampah yang dibuang di pinggir Jalan Tegar Beriman ini, selain dari warga yang tinggal di beberapa perumahan, juga berasal dari pedagang sayuran, karena terlihat dari jenis sampah yang dibuangnya,” ujar seorang warga Kampung Cikempong, Kelurahan Tengah, Kecamatan Cibinong, Udin, Minggu (26/06).

Untuk efek jera, Udin menyarankan para pelaku  yang tertangkap diganjar hukuman penjara. “Siapa tahu dengan adanya penjatuhan hukaman, apalagi pelakunya diekspos media diharapkan nantinya munculnya kesadaran di masyarakat, untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat,” katanya.

Dari pantauan, tumpukan sampah tersebut  didominasi kantong plastic yang sulit terulai, selain menimbulkan bau tak sedap, tumpukan  sampah itu juga membuat kolam ikan yang ada dibawahnya tak bisa lagi digunakan, karena sebagaian lahannya tertutup sampah. (zah)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.