Jambu Kristal Ciri Khas Bantarsari

Rancabungur – bogoronline.com – Desa Bantarsari, Kecamatan Rancabungur akan menjadi Jambu Kristal sebagai ciri khas atau ikon desa. Langlah ini diambil, karena sebagian besar para petani di desanya banyak yang menanam jambu jenis ini, bahkan menjadi sumber mata pencahariannya sehari-hari.
“Desa Bantarsari ini kondisi alamnya sangat mendukung untuk tanaman Jambu Kristal,  dan itu dibuktikan banyaknya petani yang menanamnya,” kata Kepala Desa Bantarsari Lukman Hakim, Jum’at (10/06).
Menurut Lukman, Jambu Krital pemasarannya tak begitu sulit, karena jenis jambu ini banyak diburu penghobi makan buah lokal. “Kalau produksinya besar, buah Jambu Kristal yang dipanen petani, nantinya tak hanya dijual langsung kepada konsumen, tapi akan kita upayakan dijadikan minuman ringan atau bahkan dijual kepabrik,” ujarnya.
Lukman menjelaskan, karena sebagian besar wilayah Bantarsari merupakan kawasan pertanian, dirinya berharap Pemerintah Kabupaten Bogor memproteksi Bantarsari, agar tak dimasukan dalam kawasan pemukiman.
“Kami memiliki rencana Bantarsari yang jaraknya hanya beberapa kilometer dari Kota Bogor akan dikembangkan menjadi sebuah desa agro wisata. Jika berhasil, warga tak hanya mendapatkan penghasilan dari bertani saja, tapi juga dari sektor lain,” pungkasnya. (Iwan/zah)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.