Keluhan Soal Raskin Direspon DPRD Camat Harus Panggil Kades Muara Jaya

Cibinong – bogoronline.com – Keluhan keluarga miskin (Gakin) di Desa Muara Jaya, Kecamatan Caringin, lantaran sudah satu tahun lamanya tak mendapatkan jatah atau kiriman raskin direspon Komisi IV DPRD Kabupaten Bogor.

“Kasus ini perlu diselediki, camat harus berani memanggil kepala desa, untuk dimintai klarisifikasinya, untuk mengetahui alasan raskin untuk warganya tak diambil,” kata politisi Partai Golkar Amin Sugandi, Rabu (15/06).

Menurut Amin, setiap bulan keluarga miskin mendapatkan jatah 25 kilogram raskin. Namun, karena banyak warga yang tak masuk daftar, banyak desa yang menerapkan sistem bagi rata.

“Sepanjang untuk kebaikan tidak masalah. Nah yang jadi persoalan, kalau jatah raskin tak ditebus seperti di Muara Jaya,” ujarnya.

Kepala Bidang Pergudangan, Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Dolog Dramaga, Encep Rahmawan  menjelaskan, prosedur pengambilan beras raskin sebetulnya tidak sulit, jika persyaratan sudah lengkap, raskin yang dipesan akan secepatnya dikirim. “Paling lama satu atau dua hari raskin yang dipesan akan dikirim kedesa tujuan,” katanya.

Encep menjamin, raskin yang dipesan kualitasnya layak dikonsumsi, selain itu harganya juga sesuai yang ditetapkan pemerintah. “Bulog Sub Dolog Dramaga, siap mendistribusikan raskin keseluruh desa yang ada di Kabupaten Bogor,” ujarnya.

Sebelumnya Udin, warga Desa Muara Jaya mengeluhkan, selama satu tahun ini tak pernah mendapatkan jatah raskin dari desa. Padahal di desa lainnya hampir tiap bulan menerima jatah, beras yang harganya disubsidi pemerintah pusat itu. “Raskin ini bagi warga kurang mampu sangat membantu terlebih di saat Ramadhan, di mana harga beras melonjak tinggi,” ungkapnya.

Ketua RT 03 membenarkan, sudah satu tahun ini, warganya tak pernah menerima jatah raskin dari desa. “Kami tak tahu, alasan desa tak mengirimkan jatah raskin untuk warga RT 03, padahal data penerima sudah ada di desa,” katanya. (zah)

Comments


TAG


Leave a Reply

Your email address will not be published.