Kemenhub Siapkan Rp20 Miliar, Mudik Gratis Untuk Pemotor

bogorOnline.com
Dikutip dari salah satu media online nasional, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan anggaran hingga Rp20 miliar untuk program mudik gratis sepeda motor dengan menggunakan truk serta bus di Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah. Anggaran ini meningkat empat kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

“Supaya berkurang maka akan diberlakukan istilah mudik gratis yang setiap tahun ini meningkat, tahun ini meningkat anggarannya kita siapkan untuk mudik gratis (sepeda motor),” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Pudji Hartanto di Kemenhub, Jakarta Pusat, Jumat (3/6/16).

Mantan Kapolda Sulawesi Selatan dan Barat ini mengatakan, hingga kini kuota pengangkutan motor gratis baru terisi sepertiga dari jumlah kuota yang disediakan. Pihaknya pun mengimbau agar pemudik menggunakan program yang disediakan pihaknya.

“Sekarang baru terisi sepertiga dari target yang ada. Kita mengimbau sepeda motor bukan dirancang untuk jarak jauh, sepeda motor itu tidak dirancang untuk keutamaan keselamatan karena tidak ada rumah-rumahnya. Ketiga, kita tidak pungkiri karena memang mudah dan efisien sehingga banyak diminati. Jadi untuk antisipasi, kita sediakan fasilitas ini,” ujarnya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Kementerian Perhubungan, baru 8.400 motor yang terdaftar yang akan diangkut dengan 168 truk dan 373 bus untuk tahun ini. Jumlah tersebut masih terbilang minim.

Sementara untuk pengangkutan motor itu di antaranya menuju Tegal 10 persen, Kebumen 10 persen, Purwokerto 10 persen, Yogyakarta 11 persen, Solo 16 persen, Wonogiri 10 persen, Wonosobo delapan persen, Magelang Sembilan persen, dan Semarang 16 persen.

Sementara untuk arus balik hanya 3.600 motor yang baru terdaftar yang diangkut dengan 72 truk dan 160 bus dengan kota asal dari Yogyakarta sudah terisi 30 persen, Solo 40 persen, dan Semarang 30 persen.(rul)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.