Operasi Pasar, Tiap Kecamatan di Kabupaten Bogor Jual Daging Rp 78 Ribu/Kg

Citeureup – bogoronline.com – Melonjaknya harga daging sejak awal Ramadhan hingga satu pekan jelang Idul Fitri, membuat sebagian warga Bumi Tegar Beriman, yang kondisi ekonominya pas-pasan kesulitan membeli daging, untuk dikonsumsi saat merayakan hari kemenangan kelak.

Sejumlah langkah telah dilakukan pemerintah pusat, untuk menekan tingginya harga daging, selain mendatangkan daging sapi impor beku dari Australia, pemerintah juga menggelar operasi pasar, seperti yang dilakukan Dinas Peternakan dan Perikanan, Kabupaten Bogor, yang menggelar penjualan daging sapi segar di halaman kantor Kecamatan Citeureup, Selasa (28/06).

“Penjualan daging sapi langsung ke masyarakat itu, bagian dari upaya kami menekan harga agar tak terus melonjak, terlebih jelang Idul Fitri, seperti sekarang ini,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Siti Farika.

Camat Citeureup Asep Mulyana mengatakan, daging sapi yang dijual ini harganya mencapai Rp 78 ribu/kilogram, harga ini jauh lebih rendah dibandingkan di pasar-pasar tradisional. “Penjualan daging sapi di kantor  kecamatan diadakan oleh Dinas Peterakan dan Perikanan, sementara dagingnya disuplai PT. Mitra Agra Pangan Lestari, Jakarta,” ujarnya, kepada Jurnal Bogor.

Total daging yang disiapkan untuk djual kemasyarakat kata Asep mencapai 700 kilogram “Masyarakat yang ingin membeli daging tidak dibatasi, mereka bebas membeli hingga beberapa kilo, tergantung kemampuan keuangannya,” ungkap mantan Camat Klapanunggal ini.

Lilis, warga Desa Leuwinutug, Kecamatan Citeureup,  merasa terbantu dengan adanya penjualan daging murah. “Daging ini, untuk persiapan Idul Fitri nanti, agar tak rusak saya simpan di lemari pendingin,” katanya.

Sudaraman, HRD PT Mitra Agra Pangan Lestari, menegaskan, kendati dijual dibawah harga pasaran, daging beku dijamin  kualitasnya. “Untuk tiap kecamatan di wilayah Jabodetabek, kita menyiapkan sekitar 1 ton dan sewaktu-waktu bisa ditambah tergantung permintaan,” tandasnya. (zah)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.