Takut Ada Bahan Kimia Dicampur Makanan, Camat BWT dan Aden Sidak Pasar

Sidak – bogoronline.com – Dua camat di Kabupaten Bogor, yakni Camatn Cibinong Bambang Widodo Tawekal dan Camat Sukaraja Aden Ma’mun Nawawi, di hari puasa pertama Senin siang tadi menggelar aksi inspeksi mendadak ke Pasar Cibinong dan Ciluar.
Sidak ini bertujuan, untuk mengantisipasi adanya pedagang berbuat curang yang sengaja mencampur makanan dengan bahan kimia berbahaya. “Kami ingin memastikan semua bahan makanan yang biasanya ramai dibeli warga saat Ramadhan aman untuk dikonsumsi,” kata Camat Cibinong, Bambang, kepada Bogoronline.
Selain itu, sidak juga kata Bambang, dimaksudkan, guna mencegah para pedagang menjual produk makanan yang habis masa berlakunya atau kadaluarsa. “Alhamdulillah, pada sidak pertama ini, kami belum menemukan adanya bahan kimia yang dicampur dengan bahan makanan,” ujarnya.
Sidak ini melibatkan semua unsur yang ada   di Kecamatan Cibinong, seperti Koramil, Kapolsek, UPT Puskesmas dan Satuan Polisi Pamong Praja. “Sidak seperti ini akan kita gelar kembali satu pekan jelang perayaan Idul Fitri,” terang Bambang.
Sementara itu,  Camat Sukaraja R Makmun Nawawi mengatakan, sidak di Pasar Ciluar itu, selain untuk memastikan tak ada bahan makanan yang dicampur dengan zat kimia berbahaya, sidak juga untuk melihat langsung keadaan pasar termasuk suplai bahan sembako.
“Pedagang yang terbukti mencampur zat kimia kedalam bahan makanan atau menimbun sembako, tentunya akan kita tindak sesuai perundang-undangan yang berlaku,” tegas Camat Ma’mun.
Kepala Seksi Perlindungan Konsumen Dinas Koprasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Jaya Sanirin menambahkan selama Ramdhan ini pihaknya akan melakukan sidak ke pasar-pasar tradisonal, maupun pasar modern yang ada di Kabupaten Bogor.
“Kami sudah meminta kecamatan yang diwilayahnya ada pasar untuk membantu kami melakukan pemantauan kepasar-pasar,” tandasnya. (zah)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.