Kembangkan Wisata, BPPD Gaet Pegolf

Cibinong – bogoronline.com – Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Bogor tengah gencar mempromosikan paket wisata olahraga, salah satunya dengan mendatangkan para pegolf dari sejumlah negara tetangga.

Kepala BPPD Kabupaten Bogor Zaenal Syafrudin menuturkan, dengan bermodalkan 11 lapangan golf bertaraf Internasional, dalam waktu dekat ini pihaknya akan mendatangkan 1.500 pegolf dari dalam dan luar negeri.

“Melalui pertandingan Golf, ternyata dampaknya cukup signifkan terhadap kunjungan wisata olahraga, dari 500 orang perbulan kini menjadi 1000 orang wisatawan perbulan. Rencananya, pada 7-8 September mendatang kami juga akan menggelar turnamen golf tingat Internasional atau Bogor Wonderfull Golf dengan melibatkan 1500 pegolf dari penjuru dunia sekaligus memecahkan Rekor Muri,” tutur Zaenal usai penandatangan nota kesepahaman atau Memorandum Of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Negara Pahang Malaysia di Golf Palm Hill Sentul, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, kemarin.

Kerjasama dengan Pemerintah Negara Pahang Malaysia ini merupakan yang ketiga kalinya, sebelumnya juga telah bekerjasama dengan pemerintah kota Tokyo Jepang dan Kualalumpur Malaysia. “Rencananya setelah Pahang, kami juga akan bekerjasama dengan Johor Malaysia dan Sidney,” imbuhnya.

Kerjasama yang dijalin dengan Kementrian Pelancongan Negeri Pahang, Malaysia ini, lebih pada promosi berbagai paket wisata Olahraga di Kabupaten Bogor seperti paket wisata olahraga Golf, Paralayang, Arung Jeram, Motor Cross, fun Bike dan Lintas Alam. “Mereka akan gencar melakukan promosi wisata kita di Malaysia kita pun sebaliknya,” tegasnya.

Menurut mantan Camat Cibinong ini, perputaran uang yang dihasilkan dari kunjungan wisatawan asing akan semakin banyak. “Kalau perputaran uang, dengan sport turism, minimal satu orang mengeluarkan 5 ribu US Dolar dikali seribu orang itu sudah banyak perputaran uangnya,” ungkapnya.

“Kami ingin wisatawan mancanegara maupun malaysia bisa lebih lama tinggal di Bogor, karena yang terjadi Bogor ini terbentuk citra hanya sebagai lintasan wisatawan dari Jakarta ke Bandung. Dengan kerjasamasa ini kami yakin wisatawan tidak hanya mampir ke Bogor tetapi mereka akan berlama-lama bermalam di Bogor,” sambungnya.

Sementara itu, Menteri Pelancongan Negeri Pahang, Malaysia, Dato Sri Sharkar mengaku, sangat mengapresiasi kerjasama promosi paket wisata Olahraga maupun terselenggaranya Pertandingan Golf Persahabatan Malindo tersebut.

“Pesona wisata olahraga Kabupaten Bogor sangat bagus, lapangan golf yang tersedia sudah berstandar Internasional, lapangannya pun sangat berdekatan antara lapangan golf yang satu dengan yang lainnya. Kabupaten Bogor punya daya saing yang kuat dalam hal wisata olahraga, pada even 7-8 September 2016 mendatang saya akan bawa 200 pengolf dari Malaysia,” ungkap Dato Sri Harkar.

Sementara itu, Ketua Asosiasi perusahaan Perjalanan Wisata dan (ASITA) Kabupaten Bogor, Sunarya mengatakan, besarnya potensi wisata di Kabupaten Bogor baik alam, rekreasi maupun wisata olahraga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, untuk itu promosi, sosialisasi dilakukan secara terus menerus hingga sektor pariwisata di Kabupaten Bogor bisa maju dan berkembang.

“Jika kunjungan wisatawan lokal, regional dan mancanegara ke Kabupaten Bogor meningkat maka hal ini akan berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bogor, yang akan berdampak signifikan terhadap meningkatnya perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bogor itu sendiri,” kata Sunarya. (di)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.