Cijeruk Sumbang 40 Kantong Darah

 

Cijeruk – bogoronline.com – Warga Kecamatan Cijeruk, Rabu (17/08) berduyun-duyun mendatangi kantor kecamatan. Kedatangan mereka bukan untuk berunjuk rasa, namun untuk menggelar bhakti sosial donor darah. Kegiatan sosial ini, diadakan bagian dari rangkaian peringatah HUT RI – ke 71

“Warga yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan donor sebanyak 100 orang, tapi setelah diperiksa yang lolos hanya 40 orang saja,” kata Camat Cijeruk Hidayat Suputra Dinata.

Darah yang dikumpulkan itu kata Hidayat, dijadikan stok oleh PMI. “Rencananya kita akan rutin menggelar donor darah, karena dari informasi yang kami dapatkan dari PMI cabang Kabupaten Bogor, setiap bulannya memerlukan sekitar 200 kantong darah,” ujarnya.

Koordinator Unit Transfusi Darah (UTD) Cibinong Eman Sulaeman menambahkan, darah yang disumbangkan para pendonor itu, setelah dibersihkan nantinya disebar ke sejumlah bank darah yang ada di sejumlah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). “Donor darah itu baik untuk kesehatan, karena tubuh kita dirangsang untuk membentuk sel darah baru,” jelasnya.

Agar stok darah aman, kata Eman, UTD Cibinong, bekerja sama dengan PMI ditingkat kecamatan rutin menggelar kegiatan donor darah. “Kami akan kembali lagi ke Cijeruk tiga bulan mendatang, mudah-mudah jumlah peserta donornya makin banyak,” harapnya.

Rusyadi, ketua PMI Cijeruk mengaku tak menyangka, kegiatan bhakti sosial donor darah ini mendapatkan respon positif dari warga. “Jujur saja, kami tak menyangka jumlah warga yang datang dan berniat mendonorkan darahnya bisa mencapai 100 orang, meski yang lolos kesehatan hanya 40 orang saja,” katanya.

Tingginya animo warga untuk menyumbangkan darahnya, kata Rusyadi, membuktikan warga Kecamatan Cijeruk memiliki kepedulian dan rasa kemanusian yang tinggi. “Ini menjadi penyemangat kami, untuk menggelar kegiatan serupa tiga bulan mendatang,” pungkasnya. (Denny/Zahra)

Comments




Leave a Reply

Your email address will not be published.