by

Jalan Nangerang Jadi TPA Sampah

Tajurhalang – bogoronline.com – Rendahnya kesadaran warga, untuk membuang sampah pada tempatnya, membuat sejumlah bahu jalan di Bumi Tegar Beriman, berubah menjadi Tempat Penampungan Sampah (TPS), salah satunya terlihat di Jalan Raya Nangerang – Bojonggede.

“Yang buang sampah di bahu jalan ini, bukan warga setempat, tapi dari luar. Mereka membuang sampah saat dini hari,” kata Supriatna, warga sekitar Kamis (18/08).

Warga kata Supriatna, sudah memasang papan peringatan bertuliskan larangan buang sampah. “Tapi sayangnya, tak diindahkan, karena buktinya setiap hari volume sampah terus bertambah hingga berserakan ke badan jalan,” ujarnya.

Parahnya lagi kata, tumpukan sampah yang didominasi plastic itu sudah menimbulkan bau busuk menyengat hidung. “Kami tidak tahu lagi, bagaimana caranya menghentikan warga yang doyan membuang sampah di bahu jalan,” ungkapnya.

Kepala Desa Nangerang,  Wira Saptaji mengatakan, banyaknya warga yang menjadikan bahu jalan sebagai tempat pembuangan sampah, disebabkan minimnya jumlah tempat penampungan sementara (TPS). “Pemerintah desa merencanakan pembangunan puluhan TPS, namun karena keterbatasan anggaran, yang terbangun hanya beberapa unit saja, makanya kami minta bantuan Dinas Kebersihan dan Pertamanan,” katanya.

Selain Jalan Raya Nangerang – Bojonggede, Jalan Raya Tegar Beriman pun, ikut dijadikan TPS. Di jalan yang menjadi etalasenya Kabupaten Bogor itu terdapat beberapa lokasi pembuangan sampah liar, satu diantaranya di sekitar sekertariat DPD PAN.  “Yang buang sampah ke sini berasal dari mana-mana,mereka membuang sampahnya ketika hari masih gelap,” ujar seorang petugas kebersihan. (zahra)

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *